Gerakan Rampog Sampah Plastik untuk Citarum Harum

0
163

KAB. BANDUNG,- Apel rampog (memungut) sampah plastik yang digelar Selasa (6/3/2028) di lapang volly ball Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat berlajan lancar.

Apel ini dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olah Raga Kab. Bandung Tendy, Kepala UPT TK, SD dan Non Formal Cicalengka Drs. H. Nandang Rusmana, Ketua Cabang PGRI Cicalengka H. Koswara, K3S Cicalengka Dede Sumpena, S.Pd., Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Nagrog, Kasie Pemberdayaan Masyarakat Kec. Cicalengka Heny Sri W., pelajar dan para kepala desa yang diantaranya Kades Nagrog Gungun dan H. Asep selaku Kades Panenjoan.

Tendy ketika dikonfirmasi seusai memimpin apel rampog plastik menjelaskan, gerakan rampog plastik ini untuk memberikan edukasi pada masyarakat Kec. Cicalengka, bahwa sampah plastik itu berbahaya jika tersangkut di kali dan bisa menyebakan banjir.

“Oleh karena itu, saya berharap masyarakat sadar dan membuang sampah, terlebih sampah plastik agar dibuang pada tempatnya. Dengan begitu, harapan sungai Citarum Harum dapat terwujud,” harapnya.

Sedangkan H. Nandang menjelaskan, gerakan rampog plastik harus didukung supaya sungai dan gorong-gorong tidak tersumbat plastik, sehingga tidak menjadi sumber bencana banjir.

Senada diutarakan H. Koswara dan Dede Sumpena yang mengatakan, memungut atau rampog sampah plastik itu merupakan aksi bagus agar lingkungan kita selain sehat dan bersih juga bebas banjir.

“Apalagi di tiap SD di Kec. Cicalengka sudah tersedia tempat atau tong sampah organik dan non organik,” pungkas H. Koswara.

Agus SY