Jelang Pileg 2019, Kades Karangmulya Gelar Pembinaan Kapasitas RT dan RW

0
215

PANGANDARAN,- Untuk pencapaian peningkatan kinerja pelayanan para Ketua RT dan RW kepada masyarakat, dengan tujuan agar pelayanan publik bisa optimal hingga pembangunan bisa terlaksana, Kepala Desa dan pemerintahan Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang, Pangandaran, Jawa Barat melakukan pembinaan kepada para Ketua RT dan RW.

Hal itu bertujuan agar perannya sebagai mitra kerja pemdes bisa maksimal.

Kades Karangmulya, Narta Sugiarta kepada PatroliCyber mengatakan, kegiatan ini adalah pembinaan sebagai upaya peningkatan kapasitas para Ketua RT dan RW yang nantinya bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Itu dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia khususnya para RT dan RW agar peran dalam semangat gotongroyong bisa optimal,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan mereka di tengah masyarakat merupakan ujung tombak pemerintahan yang sangat penting keberadaanya. Maka dari itu, Narta Sugiarta berharap dari kegiatan yang telah dilaksanakan itu agar para RT dan RW bisa lebih berperan aktif seperti pada pelayanan KTP dan Kartu Keluarga.

“Perannya memang sangat penting dan dibutuhkan, selain harus lebih mengenal warganya juga sebagai motor penggerak dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing,” katanya seraya menambahkan, ketua RT dan RW harus bisa melakukan pendataan kepada warga pendatang, terutama aktifitas keseharian warganya.

“Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kondusitifitas wilayah masing-masing,” terang Narta.

Dikatakannya, pembinaan yang menghadirkan pemateri diri sendiri, Camat Padaherang, polsek, koramil serta pembawa acara Sekdes Karangmulya itu merupakan yang terakhir kalinya dilaksanakan, lantaran ia akan mengundurkan diri dari jabatan kepala desa untuk berkiprah di wilayah pembangunan lebih luas, yakni dengan memcalonkan diri menjadi Caleg DPRD II Pangandaran pada Pileg 2019 nanti dari PDIP daerah pemilihan II (Padaherang-Mangunjaya).

“Kami menilai peran serta semua pihak dalam pembangunan itu penting, bukan hanya peran serta RT dan RW saja, atau kepala desa sekalipun, namun ada yang tak kalah penting yaitu peran serta media atau insan pers” pungkas Narta Sugiarta.

SZ