Bupati Pimpin Upacara Hari Kesehatan

0
110

BANYUMAS,- Bupati Banyumas Ir Archmad Husein memimpin upacara Hari Kesehatan Nasional, Senin (12/11) di Halaman Pendopo Sipanji Purwokerto.

Upacara diikuti oleh ribuan jajaran dinas kesehatan bersmaa stage holder lainya.

Bupati Banyumas membacakan sambutan menteri kesehatan yang menyebutkan bahwa tema peringatah hari kesehatan tahun 2018 adalah “Aku Cinta Sehat”, dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” kata Menkes.

Menurutnya masyarakat  yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah.

“Saya mengharapkan kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran Pemerintah pusat dan daerah,” lanjutnya.

Usai upacara bupati menyerahkan berbagai penghargaan untuk prestasi di bidang kesehatan. Petugas kesehatan teladan meliputi dokter, perawat, bidan, pertugas kesehatan masyarakat, petugas farmasi, nutrisionis dan analis kesehatan. Selain itu ada apoteker berprestasi, Lomba PHBS, Film kesehatan dan lain-lain.

Ari S-Triswo