Banyumas Diterjang Angin Puting Beliung, Pramuli Bantu Penanganan Bencana

0
111

BANYUMAS,- Hujan deras disertai angin puting beliung pada Minggu (11/11/2018) kemarin, mengakibatkan sejumlah pohon di beberapa kecamatan di Banyumas tumbang.

Salah satunya, pohon tumbang terjadi di kawasan Desa Karangtengah Kec. Baturraden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah tumbang. Tak hanya itu, ada atap rumah milik warga yang terbang terbawa angin.

Berkaitan dengan bencana itu, Pramuka Peduli (Pramuli) bersama relawan lainnya Minggu hingga Senin (11-12/11/2018) melakukan penanganan bencana. Antara lain mengevakuasi dua pohon akasia yang tumbang melintang di Jalan Raya Baturraden, tepatnya di Desa Karangtengah Kec. Baturraden sehingga menyebabkan kemacetan panjang.

Selanjutnya, setelah penanganan di Karangtengah, dilanjutkan penanganan bencana angin puting beliung yang terjadi di wilayah RT 05 dan RT 04 RW 02 Desa Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang.

“Kejadian bencana angin puting beliung menerjang Desa Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang, dilaporkan 10 rumah yang terdampak. Namun dalam assessment ulang pada Senin (12/11) yang dilakukan oleh BPBD, diperoleh data 12 rumah rusak,” kata Ketua Pramuli Kwarcab Banyumas, Heriana Ady Chandra.

“Kami bersama dengan Tagana Kabupaten Banyumas, Koramil Sumbang, Polsek Sumbang, Kader Siaga Bencana Kec. Sumban, F-PRB Desa Kotayasa, Perangkat Desa, membantu BPBD melakukan pendataan ulang dampak dari bencana, melaksanakan penanganan berupa penebangan dan penyingkiran pohon yang mengancam rumah warga karena sudah posisi miring (doyong) tepat diatas rumah warga,” tambahnya.

BPBD Kabupaten Banyumas, kemudian mendistribusikan bantuan masing masing Seng 50 lembar, Calciboard 5 lembar pan Paku payung.

ARI S-TRISWO