SMPN 2 Karanganyar Kunjungi SMPN 1 Baturraden

0
62

BANYUMAS,- Meski keberadaan kelas khusus olahraga SMPN 1 Baturraden Banyumas baru berjalan tahun ini, sudah mulai menarik sekolah yang memiliki kelas olah raga lainya. Hal tersebut telah terbukti dengan berkunjungnya Kelas Olahraga SMP N2 Karanganyar Kebumen ke Baturraden Rabu (14/11) untuk berlatih bersama dan bertanding dalam beberapa cabang olah raga.

Kepala SMPN 1 Baturraden, Herry Nuryanto Widodo, S Pd mengatakan, latih tanding untuk kelas olah merupakan suatu kewajiban. Menurut Hery satu semester mininal anak kelas olahraga mengikuti latih tanding minimal sekali dan juga mengikuti kejuaraan agar hasil pendidikan dan pelatihan dapat dipantau. Untuk pertandingan dengan dengan SMPN 2 Karanganyar Kebumen yaitu sepak bola dan atletik.

“Untuk SMP N 1 Baturraden baru tahun ini membuka kelas olahraga, yang Jurusan olah raga Unsoed yang direkrut secara murni bagi anak anak yang memiliki bakat dan minat serta fisik yang cukup sebagai seorang atlit, sesuai dengan standar yang ditentukan,” katanya.

Menurut Heri, selain memiliki kelas olahraga, SMP N Baturraden juga telah meraih berbagai presatsi seperti Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan baru saja meraih Juara 2 lomba sekolah sehat tingkat Jawa Tengah, sehingga SMP N 1 Baturraden menjadi sekolah rujukan.

Sedangkan Kepala SMPN 2 Karanganyar Sugeng Supoyo, S.Pd mengatakan kegiatan bertujuan untuk melakukan pertandingan persahabatan olahraga, meningkatkan penguasaankegiatan olah raga sebagai spesialisasi kelas olahraga. Untuk pertandingankali ini adalah sepak bola dan atletik.

“SMP Negeri 2 Karanganyar tahun ini masuk tahun ketiga untuk kelas olahraga, siswa menekuni berbagai olahraga seperti atletik, sepak bola, footsal, taekwondo sempat mempunyai atlit tinju,” katanya.

Pada kesempatan ini Guru Olahraga SMP N 2 Kebumen Sumarjo S.Pd menyerahkan alat berupa Leader Koordination. Alat tersbebut berfungsi untuk melatih fisik siswa kelas olahraga dengan media ruang yang tidak perlu luas.

“Selama tiga tahun ini, hasil nya cukup memuaskan, untuk peningkatan fisik siswa, dan ini kami berikan untuk SMPN 1 Baturraden yang baru membuka kelas olahraga,” katanya.

Sementara itu Eli Savelia salah satu siswa SMP N 1 Baturraden mengaku senang mendapat kunjungan dari SMP N 2 Karanganyar karena dapat menjalin silaturahmi, menambah teman dan tentu menambah wawasan dan prestasi olahraga.

Ari S-Triswo