Bersiap Hadapi Nataru, Personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Disiagakan

0
110

BANDUNG,- Perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019 tinggal menghitung hari. Berkaitan dengan momen besar tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menggelar apel kesiapsiagaan, di halaman kantor, Kamis (20/12) pukul 13.30 wib.

Apel ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan peralatan yang dikerahkan dalam melaksanakan siaga menghadapi natal dan tahun baru (nataru).

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Unit Pelaksana Teknis yang berada di wilayah Jawa Barat bakal bersiaga selama 14 hari, terhitung mulai hari ini hingga 2 Januari 2019.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di darat maupun laut, puluhan personil dan peralatan diterjunkan di beberapa titik lokasi yang dianggap rawan terjadinya hal tersebut, seperti pantai-pantai, gunung-gunung, Jalan tol dan Jalur Transportasi di wilayah Jabar.

“Personil yang dikerahkan akan disebar di beberapa tempat, antara lain Pantai Santolo, Pangandaran, Bandara Husein, Kertajati, Pelabuhan Cirebon, Gunung Guntur, Papandayan, jalan Tol Cipali, Cikampek, Purbaleunyi dan beberapa tempat obyek wisata,” ucap Deden Ridwansyah, Kepala Basarnas Jawa Barat.

Deden mebambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan selama 2 minggu kedepan, peralatan yang disiagakan antara lain kapal Rescue Boat 01 Bandung yang sandar di Pelabuhan Cirebon Rigit Inflatabel Boat (RIB), Rubber Boat, Rescue Car kendaraan operasional dan peralatan SAR lainnya.

“Sebagai insan SAR, kita harus selalu meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Laksanakanlah tugas ini dengan rasa penuh tanggung jawab, utamakan keselamatan/Safety dan sesuaikan dengan rencana atau jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya,” pungkasnya.

Abas