Singsingkan Lengan Baju, Kapolsek Cimanggung Blusukan di Sungai Cimande

0
209

SUMEDANG,- Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Cimanggung, Kompol Kuswanto, SH menyingsingkan lengan baju di teriknya matahari. Dia blusukan di bantaran Sungai Cimande, Senin (11/2/2019).

Kapolsek rela berpanasan lantaran merasa turut beetanggung jawab atas kondisi sungai. Maka ia pun selain memonitoring pengerukan sampah di Sungai Cimande, juga turut terjun langsung membantu pembersihan sungai.

“Penting. Sangat penting membersihkan sungai dalam menangkal atau mengantisipasi terjadinya musibah banjir, khususnya di wilayah hukum Cimanggung,” ujar kapolsek yang kerap menebar senyum itu.

Pengerukan sampah ini, diinisiasi Muspika Cimanggung, yakni Camat Cimanggung Heri Hardjadinata, Danramil Cimanggung Kapten Arh. Rusnedi dan Kapolsek Cimanggung Kompol Kuswanto.

Ketiganya berupaya bertanggung jawab atas kondisi wilayah yang berpotensi terkena banjir. Selain itu, Kepala Desa Sukadana Dadang Supriatna juga turut terlibat dalam pengerukan sungai itu.

“Pengerukan sampah di Sungai Cimande yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kec. Cimanggung sebagai langkah penanganan penanggulangan bencana banjir yang terjadi di Desa Sukadana dan Cihanjuang beberapa waktu lalu. Banjir tersebut diakibatkan tingginya curah hujan serta terjadinya penyumbatan di jembatan Pangsor akibat penumpukan sampah,” jelas Kuswanto.

Dia berharap, masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, yang mengakibatkan kerugian banyak orang.

Abas