Pelipatan dan Sortir Surat Suara Perlu Pengawasan Lebih Ketat

0
18

KAB. BANDUNG,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menetapkan pemilih pada Pemilu 2019 mendatang sebanyak 2.360.659 orang, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP2). Jumlah ini terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.194.893 orang dan pemilih perempuan sebanyak 1.165.766 orang.

Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM serta sebagai Wakil Ketua Logistik KPU Kabupaten Bandung, Supriatna menuturkan, kertas suara yang datang untuk tiga dapil, yakni dapil 3, 4 dan dapil 5.

“Sedangkan jumlah yang baru datang sekitar 1865 box untuk DPD, 1865 box untuk DPRD Kabupaten Bandung 1865 box untuk DPRD Provinsi dan 1865 box DPR RI,” tuturnya.

Kegiatan sortir lipat surat suara pemilu tahun 2019 serentak dilakukan di tiga gudang logistik KPU Kabupaten Bandung. Hingga kini berlanjut hari ketujuh.

“Tiga gudang tersebut yakni di Gudang Kampung Sawah, Gudang Citaliktik dan Gudang Solokanjeruk. Pelipatan dimulai pada Sabtu 9 Maret 2019,” tambahnya.

Selain itu, Supriatna menjelaskan untuk petugas sortir pelipatan melibatkan warga, sedankan sortir dan pengepakan dari PPS dan PPK. Pembayaran sortir dan lipat Rp100 rupiah per lembar.

“Kertas suara nanti akan dihitung setelah beres penyortiran. Sortir kertas suara yang rusak seperti bercak dan yang sobek, nanti ada pelaporan berapa jumlah yang utuh dan berapa jumlah yang rusak,” kata dia seraya menyebutkan, sementara ini, hitungan kertas suara yang datang baru sekitar 2 persen per TPS.

Yopi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here