Optimalkan Fungsi Linmas, Karangresik Lakukan Pembinaan

0
381

TASIKMALAYA,– Desa Karangresik, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, melaksanakan pembinaan Linmas (18-19/12) di Gedung Olah Raga (GOR) Desa Karangresik. Acara ini diikuti oleh sekitar 45 anggota Linmas.

Narasumber dan pelatih kegiatan adalah Brigpol Alex Maulana dan Aiptu Kartono, Babin Kamtibmas juga Serma Tatang dan Serma Eros Rusdiansah, Babinsa. Para anggota Linmas selama dua hari mengikuti pembinaan dan pelatihan tentang pertahanan dan keamanan negara. Di antaranya definisi keamanan negara, pertahanan terhadap keamanan, komponen-komponen pertahanan, redefinisi doktrin pembagian wewenang dan strategi pertahanan.

Tujuan kegiatan pelatihan dan pembinaan, agar para anggota Linmas lebih aktif merespons keadaan dan ancaman lingkungan di wilayah masing-masing. Juga melaporkan keadaan kepada masing-masing kepala wilayah jika memang dipandang perlu lebih dini disampaikan kepada pemerintah desa dan muspika. Juga melakukan koordinasi untuk melakukan tindakan antisipasi sebelumnya.

Linmas merupakan bagian integral dalam sistim pertahanan keamanan nasional. Linmas juga merupakan satuan keamanan Indonesia yang dibentuk di setiap desa dan anggotanya diangkat dari masyarakat yang telah diberikan pelatihan oleh militer di bawah pengawasan bupati.

Sesuai dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja pada tanggal 6 Januari 2010, dan pada pasal 3, 4 dan 5 huruf d. Fungsi Linmas sebagai bagian dalam penanggulangan bencana, pengamanan pemilu, antisipasi terorisme, keamanan, ketertiban, dan ketenteraman masyarakat. Juga Fungsi Linmas dalam kegiatan sosial masyarakat lainnya.

Usai pelaksanaan kegiatan, masing-masing anggota Linmas mendapat sertifikat tanda bukti mengikuti pelatihan.

Utang Saepuloh, SH, menyampaikan kepada PATROLI, baru-baru ini, dengan diadakannya pelatihan dasar, agar menjadi motivasi bagi anggota Linmas. “Juga anggota Linmas lebih memahami dasar-dasar penanganan keamanan di wilayahnya, khususnya Desa Karangresik,” tandasnya. (Fauzi)