Bhabinkamtibmas dan Satpam GBM 21 Ciduk 2 dari 3 Begal Motor

0
484

KAB BANDUNG,- Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk, Bripka Heri Maryadi dan satpam Komplek Griya Bukit Manglayang RW 21 (GBM 21) Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (14/3) pukul 02.00 dini hari berhasil menciduk dua dari dari tiga pelaku begal motor saat melakukan aksinya di wilayah Cileunyi.

Kedua pelaku berinisial As (30) dan Ad (29) warga Desa Cinunuk. Sementara satuĀ  pelaku lagi, berhasil kabur dengan membawa sepeda motor nopol D 5359 VAE hasil begalannya milik Asep (28), warga Komplek Mutiara RW 16 Desa Cinunuk.

Kapolres Bandung, AKBP Nazly Harahap melalui Kapolsek Cileunyi, Kompol H. Dadan Suryana didampingi Kanit Reskrim Polsek Cileunyi, Iptu Edi Permana ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi Bripka Heri Maryadi salah seorang anggotanya yang jadi Bhabinkamtibmas Desa Cibunuk yang dengan cepatnya berhasil menciduk 2 terduga pelaku begal motor tersebut.

“Meski satu pelaku kabur dengan membawa lari motor hasil curiannya, kita apresiasi mudah mudahan pelaku yang berhasil kabur bisa segera diciduk. Bripka Heri itu, sehari sebelumnya berhasil menciduk seorang pelaku alap-alap motor dan beberapa waktu lalu berhasil pula mengamakan terduga orang gila. Kita pun mengapresiasi kedua satpam Komplek GBM 21 yang turut membantu menciduk kedua pelaku,” kata Dadan.

Bripka Heri Maryadi ketika ditemui di Mapolsek Cileunyi mengatakan, awal diciduknya kedua begal motor tersebut ketika dirinya pukul 01.00 baru sampai di rumah ditelepon Engkuh (40), satpam GBM 21 bahwa pos satpam kedatangan Asep yang mengaku telah dibegal orang pelaku.

Selain motor Honda Vario dirampas, HP dan dompet milik korban yang diancaman pisau turut digondol di wilayah Kampung Cipadati RW 01 Desa Cinunuk. Saat itu dengan motor dinasnya dari rumahnya di kawasan Tagog Cileunyi segera meluncur menuju komplek GBM. Saat masuk ke Ciguruwik menuju Komplek GBM dan baru sampai pertigaan Cipondoh ia melihat dua pria menaiki motor tanpa plat nomor dan tanpa lampuĀ  serta tak mengenakan helm terlihat mencurigan dengan suara knalpot motor bising.

“Pagi itu saya segera ke pos satpam GBM menumui Asep yang mengaku telah dibegal. Asep pun langsung dibawa ke arah Ciguruwik jangan-jangan kedua pria yang mencurigakan tersebut pelaku pembegalan. Kebetulan kedua pria yang mengendari Honda Supra itu baru sampai di pangkalan ojek. Benar kedua pria tersebut kata korban yang telah membegal dirinya,” terang Heri.

Menurut Heri, karena kedua pria tersebut akan kabur setelah disuruh berhenti, motor dinasnya dari belakang ditabrakan ke motor Honda Supra yang dikendarai kedua pria tersebut.

“Setelah ditabrak dan motornya terjungkal, kedua diduga pelaku begal tersebut terjatuh. Saya segera bertindak untuk menangkap seorang pelaku. Satu lagi pelaku berhasil diciduk Iwan (35) satpam GBM 21 yang kebetulan berada di TKP. Meski sempat melawan, pelaku berhasil dilumpuhkan dan segera di borgol diamankan ke Polsek Cileunyi,” kata Heri.

Kejadian pembegalan tersebut saat Asep pulang kerja. Sejak berada di Kampung Ciguruwik, dia dibuntuti tiga pelaku menggunakan satu motor. Di depan SD Sukahati korban dipepet dan diancam agar ikut ke arah Cipadati. Di Cipadati korban ditodong pisau dan motornya dirampas berikut HP dan dompet. Ketiga pelaku kabur ke arah Ciguruwik dan korban lapor ke pos satpam GBM 21.

Yadi S