Presiden Jokowi Resmikan Bandara Internasional Kertajati

0
137

MAJALENGKA,- Presiden Joko Widodo pagi ini sekitar pukul 10.00 WIB  meresmikan beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka‎, Kamis (24/5/2018).

Dalam acara peresmian tersebut, akan dilakukan pendaratan perdana atau historical landing oleh dua maskapai, yakni Garuda Indonesia dan Batik Air dengan membawa penumpang  VVIP dan VIP.

Pesawat kepresidenan juga mendarat di bandara seluas 1.800 hektar  yang pembangunannya memakan biaya Rp 2,6 triliun.

Presiden Joko Widodo bersama rombongan dijadwalkan  bertolak ke BIJB Kertajati sekitar pukul 09.00 WIB tadi, melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pada pukul 09.30 WIB, pesawat yang ditumpangi Presiden mendarat di BIJB Kertajati dan kemudian dilanjutkan peresmian pengoperasian bandara tersebut.

Bandara Kertajati merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Bandara ini mulai dibangun pada 2014 dengan pembangunan runway (landas pacu) sepanjang 2.500 meter x 60 meter dan paralel taxiway sepanjang 2.750 meter x 25 meter yang sudah selesai dibangun pada akhir 2017.

Dengan ukuran landas pacu tersebut, nantinya bandara ini akan mampu melayani operasional pesawat A330.

Pada musim haji kali ini,  selain untuk penumpang dan kargo, Bandara Kertajati juga akan menjadi embarkasi haji untuk masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah

Yadi. S