Oknum ASN dan Napi Nusakambangan Diciduk Lantaran Terjerat Narkoba

0
113

CILACAP,- Satuan Reserse Narkoba Polres Cilacap, Jawa Tengah berhasil menangkap 3 orang pelaku penyalahgunaan narkoba dan menyita puluhan gram sabu-sabu serta ribuan butir pil ekstasi.

Dalam sebuah konferensi pers, Rabu (13/6/2018) Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengatakan, pelaku yang berhasil ditangkap adalah oknum Aparatur Sipil Negara, nara pidana dan masyarakat umum.

Pelaku yang berhasil ditangkap adalah S (55 tahun). S adalah ASN salah satu lapas di Nusakambangan yang merupakan warga Kesugihan Cilacap.

“Sedangkan R (38) warga binaan Lapas Narkotika Nusakambangan Cilacap. Dia warga Gumilir, Cilacap. Satu tersangka lainnya ialah masyarakat umum berinisial D (41), warga Gumilir Cilacap,” ucap Djoko.

Ia menjelaskan bahwa kasus narkoba ini terungkap bermula dari informasi masyarakat yang kemudian dikembangkan oleh anggota di lapangan, sehingga bisa menangkap pelaku beserta barang bukti narkoba seberat 75 gram sabu-sabu dan 1.050 butir pil ekstasi.

Untuk Barang bukti sabu-sabu disita dari rumah oknum ASN dan dari R salah satu warga binaan salah satu lapas Nusakambangan. Sedangkan pil ekstasi disita dari pelaku D saat berada tepi Jalan Raya Proliman arah Kuripan ikut Desa Tritih Wetan Cilacap.

“Dari hasil pemeriksaan, oknum ASN tersebut menerima upah sebesar Rp5 juta untuk membawa paket sabu pesanan napi dari Jakarta kedalam lapas. Sebelum barang tersebut masuk, barang haram dan pelaku berhasil kita tangkap,” tambahnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

Kristia