Dana Desa Cair, Fisik tak Kunjung Dikerjakan

0
821

CIREBON,- Meski Dana Desa (DD/ADD) sudah cair dari bulan kemarin, namun ada salah satu desa di Kab. Cirebon yang sampai saat ini belum juga dikerjakan bangunan fisiknya. Diantaranya pengaspalan jalan yang tak kunjung digelar.

Desa tersebut adalah Desa Warugede, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Sudah hampir sebulan dana tersebut turun namun tak kunjung dialokasikan, bahkanhingga berita ini diturunkan, Selasa 04 Juli 2018.
Sumari, Kuwu Warugede membenarkan bahwa dana tersebut sudah cair tapi belum digunakan.

“Ya karena disini pekerjanya tidak ada, nunggu giliran dari pekerja yang lagi menggarap di desa lain,” ungkapnya.
Berdasarkan keterangan dari narasumber yang enggan menyebutkan namanya, diduga dana tersebut disimpan oleh istri kuwu.

“Sedangkan jika kita mengikuti prosedur yang ada, setelah pencairan dana itu disimpan atau dipegang oleh bendahara desa. Jika dibutuhkan untuk keperluan pembangunan segera dikeluarkan, bukan malah disimpan oleh istri kuwu,” ujarnya.

Sementara itu di tempat terpisah Anang G, Kasie Pemerintahan Kecamatan Depok yang dihubungi melalui jaringan selularnya menerangkan, jika dana DD/ADD sudah dicairkan, segera dilaksanakan apa yang sudah tertera di rencana pembangunan, baik pengaspalan atau lainya. “Tidak boleh diulur-ulur waktunya,” katanya.

Jika demikian, jelas bahwa anggaran tersebut tidak segera dikerjakan sesuai dengan kebutuhanya atau poksinya. Lalu, kemanakah anggaran yang sudah cair? Apa benar disimpan oleh istrinya, bukan di bendahara desa?

One-to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here