572 Calon Anggota Bawaslu Jabar Ikuti Tes Psikologi

0
232

BANDUNG,-Selasa (17/7/2018) Ratusan calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se Jabar, berbondong-bondong mendatangi Gedung Graha Batununggal.

Sebanyak 572 calon anggota bawaslu kabupaten/kota se Jabar mengikuti Tes psikolgi

Seperti diketahui, Bawaslu RI bekerjasama dengan Mabes Polri untuk melakukan seleksi terhadap calon anggota bawaslu di seluruh wilayah Indonesia termasuk di antaranya di Jabar.

Kabag Psikologi Biro SDM Polda jabar, AKBP R. Sajarwo Saputro, Psi mengatakan dalam rangkaian tes psikologi yang dilakukan akan mengukur tiga aspek, di antaranya aspek kecerdasan, kepribadian, dan sikap kerja.

“Dalam aspek kepribadian juga termasuk di dalamnya soal integritas, serta konsistensi personal seseorang dalam menghadapi beban kerja,” ungkap beliau.

Menurutnya dalam proses pengukuran item-item tersebut,  AKBP R. Sajarwo Saputro, Psi mengatakan pihaknya melakukan serangkaian metode ujian, mulai dari tes tertulis, wawancara dan diskusi.

“Semua aspek yang diukur sama. Dari tiga metode tes tersebut akan kita integrasikan untuk melihat kesesuaian antara hasil tes tertulis, seluruh nilai dari seluruh metode seleksi tersebut akan di integrasikan. ” ujarnya.

beliau juga mengatakan SDM Polda Jabar tidak ada kewenangan untuk menentukan siapa saja yang nantinya bisa lolos ke tahapan selanjutnya. Pihaknya hanya akan memberikan data hasil tes psikolog yang tengah dilakukan saat ini.

“Hasik tes ini nantinya akan kami serahkan ke Mabes Polri, selanjutnya nanti mabes polri akan menyerahkan ke Bawaslu RI kemdian akan sampai ke bawaslu Jabar,” ujarnya.

Yadi S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here