Sebanyak 693 Pramuka Penegak Resmi Menjadi Anggota Akira

0
104

BANYUMAS,- Sebanyak 693 Pramuka penegak resmi menjadi anggota Ambalan Ki Hajar Dewantara (Akira) Raden Ajeng Kartini pangkalan SMK Negeri 1 Purwokerto, setelah melalui serangkaian latihan dan ditutup dengan kemah pada Jumat-Sabtu (9-10/11) di sekitar sekolah setempat. Peresmian anggota ditandai dengan penyematan bed Ambalan.

Pembina, Rohmat Prayogi mengatakan, sebelum diterima menjadi anggota Ambalan, mereka dibekali dengan motivasi, pengetahuan kepramukaan, pengetahuan ambalan, pelatihan pemadaman kebakaran, cara pencegahan dan penanggulangan narkoba dan lainnya.

“Mereka juga ditempa fisiknya dengan berbagai pelatihan,” kata Rohmat.

Sementara itu, Pradana Ambalan Ki Hajar Dewantara, Prasasti Kusumo Anggoro yang biasa disapa Angger mengatakan, selain kegiatan kepramukaan umumnya, pada kegiatan penerimaan calon penegak juga dilaksanakan pemilihan Duta Ki Hajar Dewantara dan R A Kartini. Duta ini nantinya akan menjadi koordinator pasukan pandu muda Ambalan Ki Hajar Dewantara dan R A Kartini atau sering disebut Paspam Akira.

Menurut Angger, duta ini dipilih melalui serangkaian test, ada wawancara, test jasmani dan wawancara pantuhir. Karena terpilih melalui serangkaian test mereka dianggap layak menjadi panutan dan akan mengajak anggota lainnya agar ambalan semakin baik.

ARI S-TRISWO