Ny. Anita: Persit Kartika Chandra Kirana Harus Netral

0
494

BANYUMAS,- Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Anita Dani Wardhana mengajak segenap anggota Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro untuk menjaga Netralitas menjelang tahun politik 2019.

Hal tersebut ditegaskan saat serah terima jabatan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap di Aula Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, Sokaraja, Banyumas, Jumat (23/11/2018).

Dikatakan, beberapa bulan lagi bangsa Indonesia akan melaksanakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif tahun 2019. “Posisi prajurit TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Netralitas TNI. Netral berarti tidak berpihak dan tidak ikut memberi bantuan kepada salah satu pihak dalam bentuk apapun, dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,” jelasnya.

“Anggota Persit selaku istri prajurit dan anggota KBT, mempunyai hubungan emosional yang sangat erat dengan tugas-tugas TNI. Oleh karena itu, saya minta kenetralan ini dapat ibu-ibu sikapi dengan benar.”

“Ibu-ibu beserta keluarganya dipersilahkan untuk memilih setiap calon sesuai hati nurani masing-masing,” tambahnya.

Dalam kaitan ini, tambahnya, apabila ada anggota Persit atau suaminya yang akan mencalonkan diri sebagai anggota Legislatif atau Kepala Daerah, maka terlebih dahulu harus melaporkan diri kepada atasannya dan wajib mentaati aturan-aturan yang ada didalamnya.

“Salah satunya adalah tidak diperbolehkan memakai atau menggunakan atribut-atribut, simbol-simbol atau lambang-lambang organisasi Persit maupun identitas TNI, termasuk didalamnya menggunakan fasilitas milik TNI,”jelasnya.

Disamping hal tersebut, Ny. Anita menyampaikan dinamika tugas-tugas TNI AD yang semakin kompleks, maka tuntutan dan dinamika tugas Persit Kartika Chandra Kirana bersama seluruh anggotanya akan semakin bervariatif.

“Sejalan dengan tuntutan dan dinamika tersebut, kepada Ketua Persit Cabang yang baru beserta segenap anggotanya perlu senantiasa meningkatkan perannya melalui pembinaan Organisasi Persit Kartika Chandra Kirana di satuannya. Sehingga mampu menyelaraskan diri dengan tugas suami dan organisasi,” paparnya.

“Diharapkan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap kedepan mampu meningkatkan aktivitas dan perannya, mampu mengikuti berbagai perkembangan dinamika kegiatan organisasi kewanitaan yang seazas dilingkungannya tanpa meninggalkan kodratnya sebagai istri prajurit, serta mampu membina keharmonisan keluarga dan sejahtera sesuai ajaran agama yang benar,” pungkasnya.

Ari S-Triswo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here