TNI-Polri dan Pemda Sumedang Sulap Gunung Junti Jadi Hijau

0
365

SUMEDANG,- Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang bersama unsur TNI-Polri menyulap Gunung Junti menjadi hijau. Hal itu sebagai upaya menjaga dan melestarikan lingkungan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Program penghijauan ini laksanakan dengan penanaman ribuan pohon di wilayah Gunung Junti, Desa Tegal Manggung, Kec. Cimanggung, Sabtu (1/12/2018).

Pada acara ini, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo bersama Dandim 0610 Letkol Arh Novianto Firmansyah, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Cimanggung dan unsur terkait lainnya turut hadir.

“Sebanyak 65.000 pohon di tanam di sejumlah lokasi, termasuk penanaman di wilayah Gunung Junti Cimanggung dan Gunung Kareumbi ini,” kata Hartoyo.

Dikatakan, penanaman pohon menjadi prioritas di sejumlah lahan gundul dan yang sempat terbakar pada musim kemarau lalu.

“Jenis pohon yang ditanam adalah salam dan puspahiang. Sedangkan di Gunung Karembi, ditanam jenis pohon rasamala,” pungkasnya.

Dandim 0610 Letkol Arh Novianto Firmansyah menjelaskan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka penghijauan pasca-musim kemarau, juga sebagai antisipasi bencana alam longsor di musim hujan.

“Penghijauan dengan penanaman pohon di wilayah Sumedang terus dilaksanakan di sejumlah wilayah yang dinilai gundul, terlebih wilayah hutan, gunung yang pada musim kemarau lalu sempat terbakar,” ujarnya.

Novianto menyebutkan, penanaman pohon diharapkan semua piahk turut berperan untuk turut menjaga dan merawatnya.

Abas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here