Bina & Bentuk Linmas Inti Kecamatan, Bati Wanwil Koramil 09/ Kawunganten Bekali Bela Negara

0
136

CILACAP,- Dalam rangka pembinaan dan pembentukan Linmas Inti Kecamatan Rakyat Terlatih Cepat (RTC) Kecamatan tahun 2018 yang digagas oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cilacap, Bati Wanwil Koramil 09/ Kawunganten Serka Sodirin bekali Bela Negara kepada 30 orang anggota Linmas perwakilan 8 Desa se Kecamatan Bantarsari bertempat di Ruang rapat Kecamatan Bantarsari, Jum’at (07/12).

Dalam pengantarnya Serka Sodirin mengatakan, sesungguhnya Bela negara merupakan hak dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia termasuk didalamnya Linmas. Hal itu sesuai dengan sistem pertahanan yang dianut Negara Indonesia, yaitu Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).

Sebuah sistem yang melibatkan seluruh komponen pertahanan negara, dimana menempatkan TNI sebagai komponen utama, rakyat terlatih sebagai komponen cadangan, serta komponen pendukung yang terdiri dari garda bangsa seperti tenaga ahli sesuai profesi serta sumber daya alam maupun buatan serta potensi pertahanan lainnya, “paparnya.

Kesadaran membentengi diri dari pengaruh negatif yang bertujuan melemahkan bahkan menguasi NKRI sangatlah penting. Jangan mudah percaya dengan berita hoax, mudah diadu domba bahkan mudah dihasut oleh pihak manapun.

“Agar NKRI tetap berdiri tegak, kewajiban kita semua untuk membela dan menjaganya dari berbagai bentuk ancaman”, tegas Serka Sodirin.

Linmas merupakan satuan keamanan terdepan dalam mendeteksi secara dini terjadinya gangguan keamanan di tingkat desa. Dengan semakin kompleksnya tuntutan tugas kedepan, peran Linmas harus terus dioptimalkan, lanjutnya.

Keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat diharapkan lebih peka dan peduli dalam menyikapi setiap perkembangan situasi dilingkungan, serta turut menciptakan stabilitas keamanan dan ketahanan wilayah di tingkat desa. Babinsa dan Bhabinkamtibmas tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari linmas.

“Harapannya, apabila stabilitas keamanan yang dimulai dari satuan wilayah terkecil sudah mantap, maka ketahanan nasional pasti terwujud”, harap Serka Sodirin.

Sebelum pemberian materi, telah laksanakan pembukaan pembinaan dan pembentukan Linmas Inti Rakyat Terlatih Cepat (RTC) Kecamatan tahun 2018 oleh Bupati Cilacap yang diwakili Kabid Tibum Tranmas Satpol PP Kabupaten Cilacap Indarto, S.Sos.

Selain menerima materi Bela negara, Linmas inti juga menerima materi “Kamtibmas” yang disampaikan Kanit Binmas Polsek Bantarsari Aiptu Karsono, materi “ketertiban umum dan ketentraman masyarakat” oleh Kabid Tibumtranmas Pol PP Kabupaten Cilacap Indarto, S.Sos, dan materi “Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat” oleh Kasi Trantibum Kecamatan Bantarsari Maryoto.

Weni