Satgas Subsektor 21-13 Angkat Sampah dan Sedimentasi Sungai Sepanjang 1050 Meter

0
282

CIMAHI, — Mengantisipasi luapan aliran sungai dan untuk menanggulangi tumpukan sampah domestik di aliran sungai. Satgas Citarum Subsektor 21-13 Cimahi Tengah dan Cimahi Selatan lakukan pengerukan sampah dan sedimentasi yang berada di aliran sungai Kalimalang, Cimahi.

Menurut Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat melalui Dansubsektor 21-13 Mayor Inf Mamin Masturi mengatakan, bahwa kegiatan pengerukan sedimentasi ini sebagai antisipasi luapan sungai karena tebalnya sedimen lumpur dan tumpukan sampah rumah tangga yang berada di sungai Kalimalang, Cimahi.

“Kegiatan pengerukan ini sudah dilakukan sejak hari kemarin, rencananya kita akan melakukan pengerukan sungai sepanjang 1050 meter, mulai dari sungai Kalimalang dan sungai sebelum curug jompong,” ujar Mayor Mamin Masturi, Senin (7/1/19).

“Alat berat yang diturunkan diantaranya 2 becko dan 3 kendaraan dumptruck. Sampai dengan hari ini, sedimentasi yang berhasil diangkut mencapai lebih dari 50 ton, jumlah ini diambil berdasarkan dari 18 kali truk pengangkutan ditambah pengangkutan sampai siang hari ini sudah 12 kali. Satu kali angkut, truk mengangkut sekitar 4 sampai 5 ton,” jelasnya.

Untuk alat berat, lanjut Mayor Mamin, satgas mendapat dukungan dari salah satu pihak swasta, PT Dewa Sutratex yang berkoordinasi dengan satgas subsektor 21-13. “Jika hari ini belum bisa diselesaikan, kegiatan akan dilanjutkan esok hari hingga pengerukan selesai,” tegas Mayor Mamin.

Lebih lanjut Mayor Inf Mamin Masturi menyampaikan bahwa, masih ada tersisa 700 meter lagi aliran sungai yang harus dilakukan pengerukan. “Lebar sungai sekitar 4 meter dan sedimen yang dikeruk 1 setengah meter, jadi jumlah yang akan dikeruk masih mencapai 4200 meter kubik lagi,” ujar Mayor Mamin.

Hasil pengerukan sedimentasi dimanfaatkan untuk menguruk lahan yang akan digunakan pembangunan milik PT Dewa Sutratex.

Elly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here