Polda Jabar Bentuk 4 Satker dalam Pendampingan Pendataan dan Sosialisasi Pendistribusian Dana Bansos

0
1894

Bandung,- Sesuai komitmen pemerintah melalui Kementrian Sosial yang mejalin kerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia dalam pengawasan penyaluran dana bantuan sosial agar tepat sasaran.

Perubahan mekanisme penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dari tunai menjadi non tunai merupakan arahan langsung Presiden RI Joko Widodo, mengingat bantuan sosial sangat berdampak luas sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Mengenai hal tersebut, Kepoisian Daerah Jawa Barat membentuk empat satuan kerja dalam pendampingan pendataan, dan sosialisasi penyaluran dana Bantuan Soasial tahun 2019.

Seperti yang telah disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K.bahwa Bantuan Sosial Non Tunai merupakan bagian dari pelaksanaan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang telah diinisiasi oleh Bank Indonesia dan Pemerintah.

Menurut Kabin Humas, dengan bantuan sosial non tunai ini masyarakat Indonesia khususnya wilayah Jawa Barat dapat mengenal lembaga keuangan formal seperti Bank agar kelak dapat memanfaatkan lembaga keuangan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Trulock berharap pihak Polda Jabar diberi informasi oleh pihak Dinsos Prov. Jawa Barat pada saat dana tersebut akan disalurkan, sehingga pengamanan untuk satgas Bansos dapat berjalan.dengan lancar dan tertib hukum” kata dia

Sementara itu, Dir Krimsus Polda Jabar, Kombes Pol Samudi. mengatakan melalui kerjasama ini akan dibentuk kembali team regulasi yang terdiri dari Dit Reskrimsus , Dit Binmas, Dit Sabhara dan Pemrov Jabar guna mengawal pelaksanaan penyaluran Bansos 2019.

Dikatakan untuk pungsi humas dalam kegiatan ini sebagai sarana  publikasi dalam setiap kegiatan pendistribusian dana bansos, sementara pungsi Binmas selaku tim membantu sosialisaai kepada Masyar, dan tim sabhara di libatkan  untum pengawalan  dalam penyalurannya dana bansos tersebut.

“Untuk peran krimsus dalam hal ini merupakan garda terakhi yang mana dalam hal ini pungsinya menangani perkara pidana jikalau dalam penyaluran bansos ditemukan unsur penyelewengan anggaran” tutur Samudi kepada Wartawan usai rapat Kordinasi Satgas Bansos jawa Barat Tahun 2019 di Ruangan Ditkrimsus Polda Jabar Senin,(29/01/2019.)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Jabar, Kabid Pemerintahan dan Sosial Bappeda Jabar, Dir Binmas Polda Jabar, Kabid Humas Polda Jabar, Dir Sabhara Polda Jabar dan Para Kanit Tipikor Jajaran Polres Polda Jabar.

 

Yadi.S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here