Puskesmas Sawahdadap, Cegah Kematian Ibu dan Bayi dengan Jangan Hilang

0
272

SUMEDANG,- Sebagai upaya mencegah angka kematian ibu dan bayi, Puskesmas Sawahdadap, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang gencar sosialisasikan ‘Jangan Hilang’.

Pada Jum’at 2 Februari 2019, sosialisasi Program Inovasi Puskesmas Sawahdadap dilaksanakan di Aula Desa Sawahdadap.

Kepala Puskesmas Sawahdadap, Surdi Sudiana SKM menjelaskan, Jangan Hilang merupakan singkatan dari: Jaga Babarengan Ibu Hamil Sabudeureun Lingkungan Urang.

“Program tersebut intinya mengajak seluruh komponen yang ada di masyarakat, yaitu tokoh masyarakat, tokoh agama, Ketua RT, RW, Kepala Dusun, Kepala Desa, Kader PKK, Kader Posyandu dan lain-lain untuk bersama-sama meningkatkan perhatian dan kepedulian terhadap masalah kesehatan, khususnya kepada ibu hamil dan melahirkan,” jelasnya, Jumat (1/2/2019)

Dengan program Jangan Hilang, imbuhnya, diharapkan setiap ibu hamil akan siap secara fisik, mental, sosial, finansial pada saat ia akab melahirkan, dan hal itu dimulai dari sejak ia diketahui hamil.

“Setiap ibi hamil, harus memeriksakan keahliannya sesuai standar, mempersiapkan segala sesuatu untuk kebutuhan yang akan diperlulan saat melahirkan,” ungkapnya.

Pada acara sosialisi Jangan Hilang, nampak dihadiri oleh perwaklilan dari Dinas Kesehaan Kabupaten Sumedang, Kecamatan Cimanggung, Polsek Cimanggung, Kepala Desa, Ketua TP PKK, Kepala Dusun, Ketua RW/RT, Tokoh masyarakat dan Kader Posyandu.

Sedangkan materi diberikan, Kepala UPT Puskesmas Sawahdadap, Surdi Sudiana SKM, Bidan Koordinator dan Bidan Puskesmas.

Abas