Seni Rupa Didorong Tumbuh Subur di Kota Bandung

0
103

BANDUNG, — Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap seni rupa semakin tumbuh subur di Kota Bandung. Pasalnya, ia meyakini seni rupa dapat menyebarkan nlai-nilai positif kepada masyarakat.

Oleh karenanya, Kang Yana, sapaan akrabnya mengapresiasi Pameran Lukisan Duo Asep di Hotel Savoy Homann pada Jumat (15/2/2019) malam. Menurut Yana, seni rupa adalah proses kreatif yang lahir dari wacana ilmiah di lingkungan masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi pameran seni lukis malam ini,” ujarnya di lokasi pameran.

Yana menyebutkan sebagai karya seni visual yang mudah diterima oleh masyarakat, seni rupa diharapkan bisa tumbuh subur di Kota Bandung yang terkenal sebagai kota seni budaya.

Harapan tersebut bukan hanya untuk menguatkan Kota Bandung sebagai kota kreatif, namun juga bagian dari upaya pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Bandung sebagai kota yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis.

“Saya sangat bangga karena iklim ini sudah mulai tumbuh subur,” ujarnya.

Yana menambahkan, pembangunan seni dan budaya akan terus diupayakan agar seni tak hanya sekedar menjadi sebuah ajang tontonan. Tetapi juga bisa menjadi media untuk menyampaikan nilai-nilai baik ke masyarakat.

“Misalnya seperti seni mural. Selain menjadi salah satu strategi untuk mempercantik sudut-sudut kota, karya seni ini juga bisa menjadi tempat untuk menyampaikan hal positif,” sambungnya.

Yana berharap, dengan terbukanya ruang untuk berekspresi, karya seni rupa bisa memiliki nilai jual sehingga mampu bersaing dengan industri global.

Sementara itu, Asep Berlian, salah satu penyaji karya di pameran ini mengaku senang atas atensi Pemerintah Kota Bandung terhadap para seniman.

“Saya senang sekali bisa mendapat apresiasi langsung dari Pemerintah Kota Bandung, khususnya Kang Yana yang hadir mengunjungi pameran malam ini,” ujar Asep.

Ia berharap, komunikasi positif semacam ini bisa terus terjaga antara seniman dan pemerintah.

Pameran Lukis Duo Asep ini menampilkan 40 lukisan dari dua perupa yakni Asep Berlian dan Asep Chaerullah, serta beberapa bintang tamu pelukis lainnya seperti Teddy, Nella KS, Hari Aminoto dan Bagus NP. *red