Dengan Proses Betah, Calon Anggota Polri Polda Jabar Ikuti Tes PMK

0
51

BANDUNG,-Dengan proses seleksi yang bersih, transfaran, akuntabel, dan humanis (BETAH). Peserta calon Anggota Polri Polda Jabar selesai mengikuti tes penelusuran mental kepribadian (PMK) dalam rangka penerimaan terpadu calon anggota Polri T.A. 2019 Panda Polda Jabar bertempat di Gedung Multipungsi Mako Brimob Polda Jabar Cikeruh Sumedang .Jum’at (14/06/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin Kasubbid Paminal Bidpropam Polda Jabar Kompol Indra Setiawan SH S.IK. serta pelaksana giat PMK, yang terdiri dari Tim pengumpul ujian tertulis DPCT, Kabag Dalpers Ro Sdm Polda Jabar AKBP Sudrajad Hariwibowo S.IK M.Si beserta semua peserta calon anggota Polri. Calon Taruna Akpol, Bintara Polisi tugas Umum, Brimob, Bakomsus, dan Calong Polisi Talent Scouting yang laksanakan selama enam hari, dimulai Hari Minggu Tanggal 9 Juni 2019 sampai Jum’at 14 Juni 2019.

Kasubbag Dalpres Polda Jabar AKBP Sudrajad Hariwibowo S.IK M.Si memberikan arahan sekaligus menjelaskan tentang tata tertib dalam pelaksanaan tes PMK. ÔÇťAspek Mental dan Kepribadian ini menjadi salah satu bahan pertimbangan kelulusan dalam Penerimaan anggota Polri Tahun 2019

“Petugas Biro SDM dan Dit Intel Polda Jabar melalui Babinkamtibmas di masing-masing Polsek sudah melakukan sosialisasi sebelum pendaftaran dimulai, untuk memastikan para peserta calon polri memiliki riwayat baik atau tidak pernah terlibat tindak pidana, seperti terlibat tawuran, dan pelanggaran lalulintas” tutur Kabag Dalpers.

Lebih lanjut dikatakan Sudrajad, dalam ujian tersebut, jika ditemukan adanya peserta yang pernah terlibat melakukan tindakan pidana atau pernah melakukan pelanggaran Laluintas maka Calon pserta bisa dinyatakan tidak lolos menjadi anggota Polri.

Dikatakannya, Ada beberapa tahapan dalam tes PMK, meliputi ujian tertulis, daftar pengisian clearen tes, (DPCT) dan tes wawancara, para peserta wajib menjawab soal dan pilihan. Seleksi penerimaan anggota Polri tahun 2019 benar-benar dilakukan dengan bersih, transparan, akuntabel, humanis, obyektif serta clean and clear melalui pengawasan dari tim pengawas internal Provam Polda Jabar beserta Itwasda, dan pengawas ekternal dari Ombudsman, Wartawan, dan LSM Ansor.

“Hasil pelaksanaan tes PMK, untuk Calon Tamtama Polri langsung di umukan pada Hari Kamis Tanggal 13Juni 2019, sementara peserta Calon Bintara Polisi Umum (PTU), pengumuman hasil dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 15 Juni 2019” pungkasnya.

Yadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here