43 Calon Kades Se-Kecamatan Candipuro Gelar Deklarasi

0
252
Foto bersama usai deklarasi Pilkades Damai di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis 20 Juni 2019.

LAMPUNG SELATAN,- Sebanyak 43  calon Kepala Desa se- Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, dari 12 desa mengikuti deklarasi damai tingkat kecamatan.

Deklarasi damai, dilakukan untuk antisipasi akan adanya konflik pada pilkades maupun pasca pilkades serentak tanggal 26 Juni 2019 mendatang.

Adapun ke 12 desa yang mengikuti pilkades serentak di antaranya Desa Sidoasri 3 calon, Cintamulya 2 calon, Banyumas 4 calon, Rantau Minyak 3 calon, desa Waygelam 2 calon, Sinar Palembang 5 calon, Trimomukti 2 calon, Titiwangi 4 calon, Batuliman Indah 4 Calon, Beringin Kencana 5 calon, Bumi Jaya 4 calon dan Rawa Selapan 5 calon.

Deklarasi damai tersebut dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Candipuro, dengan dihadiri Camat Wasidi, Kapolsek Candipuro, AKP Maryanto, Danramil 421/07 Sidomulyo Kapten Kav. Suyanto para calon kepala desa serta panitia pilkades.

Camat Candipuro,Wasidi mengatakan, deklarasi damai dilakukan agar para calon kepala desa bisa menciptakan suasana yang sejuk aman dan damai, bisa menenangkan para tim suksesnya agar selalu bersama- sama untuk mengarahkan kepada kegiatan-kegiatan yang positif dan tidak mengajarkan money politic.

“Menurut saya, para calon kades ini maju dengan ketulusan hati, hanya ingin mengayomi masyarakat. Jabatan kades ini haya titipan sementara, jadi isilah nantinya dengan kegiatan yang positif, dan saya juga berharap agar pemilihan kades ini bisa berjalan dengan kondusif, ” kata Wasidi.

“Mari bersama-sama sepakat mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara damai, sopan, bermartabat dan penuh rasa tanggung jawab,” tutupnya.

Sementara Kapolsek Candipuro, AKP Maryanto berpesan kepada panitia dan perangkat desa untuk tidak memihak salah satu calon kepala desa. Bila hal itu terjadi, kata dia, maka tidak menutup kemungkinan kerawanan gangguan kamtibmas akan terjadi.

“Tak hanya itu, perangkat desa juga diimbau untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang akan memecah belah kerukunan warga, tidak mengadu domba para pendukung calon kades karena dapat mengganggu kesuksesan jalannya pilkades mendatang,” ujarnya.

Ia berharap agar setiap calon bersikap dewasa, ciptakan lingkungan yang aman dan kondusif demi suksesnya Pilkades Serentak 2019.

“Jika ada panitia penyelenggara pilkades yang bermain mata atau mendukung salah calon kades, akan kita tindak tegas, langsung kita berhentikan sebagai panitia pilkades. Saya berharap panitia pilkades netral,” katanya.

“Saya hanya mengajak, mengimbau agar pilkades di Kecamatan Candipuro berjalan sukses. Setiap orang menginginkan kemenangan, namun jangan memaksakan kehendak karena itu melawan aturan, hokum. Yang kalah harus berlapang dada dan yang menang jangan menepuk dada,” katanya.

“Selaku aparat penegak hokum, kami bersama Koramil tetap menjaga netralitas. Tidak ada kepentingan bagi kami untuk mendukung salah satu calon kades,” ungkap Kapolsek.

Di kesempatan itu juga, Danramil Kapten Kav Suyanto berharap agar para setiap calon bersikap dewasa, dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif demi suksesnya Pilkades Serentak 2019.

“Jika ada panitia penyelenggara pilkades yang bermain mata atau mendukung salah calon kades, kita akan tindak tegas. Langsung kita berhentikan sebagai panitia pilkades. Saya berharap panitia Pilkades netral,” imbuhnya.

Dalam deklasari damai, para calon kepala desa mengucapkan secara bersama-sama akan melaksanakan segala peraturan, mengikuti undang-undang yang berlaku, berkomitmen menciptakan moral serta etika dalam melaksanakan pilkades serentak.

Andy