Ratusan Calon Tenaga Kerja Dilatih Bidang Menjahit

0
163

KABUPATEN BANDUNG,– Kementerian Perindustrian RI besama PT Jiale Indonesia Garment dan Forum Sukamulya Bersatu mengadakan pelatihan bagi calon pekerja dari dua desa, yaitu Desa Sukamaju dan Desa Padamulya, Rabu 3 Juli 2019.

Kegiatan tersebut dimotori Forum Sukamulya yang bergerak dalam sosial untuk masyarakat. Forum tersebut bukan LSM, Ormas atau OKP, namun murni perkumpulan masyarakat yang ada di lingkungan perusahan tersebut.

Dengan adanya kegiatan tersebut, tokoh masyarakat RW 11 Kp. Paraos menyabut baik karena telah mengundang pemuda untuk ikut pelatihan.

“Kami berharap, anak-anak setelah selesai pelatihan bisa masuk di PT Jiale. Pelatihan menjait ini hampir diikuti 320 lebih dari beberapa RW  dan dilaksanakan di PT Jiale , jalan Cimaranggi, Leuwidulang, Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya, Kab Bandung,” katanya.

Pelatihan di bidang menjait ini akan dilaksanakan selama 18 hari. Peserta sebagai pencari kerja dilatih tata cara menggunakan mesin beberapa macam, mulai mesin jahit jarum 1 sampai jarum 4. Peserta juga dilatih cara menjait lurus hingga gelombang, serta pelalatihan menjait mebuat jaket dengan didampingi pelatih.

Setelah selesai pelatihan, tak menutup kemungkinan mereka bisa langsung dikerjakan sesuai dengan yang dibutuhkan PT Jiale.

Sementara itu, dari Sertifikasi Asosiasi Pertekstilan Indonesia, R Tatan mengatakan, pelaksanaan pelatihan ketanagakerjaan ini untuk memberi ketrampilan kepada pemuda-pemudi  agar siap bekerja.

“Yang mengikuti pelatihan akan dibekali sertifikat dan uang saku. Kegiatan ini tak hanya dilaksanakan di  Jawa Barat, tapi juga dilakukan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta,” pungkasnya.

Di tempat sama, Ketua Forum Sukamulya H. Indra didampingi Humas Hikmat berharap, para perseta ini agar bersemangat dan memiliki kemauan besar.

“Pelatihan ini harus dilakukan secara serius karena dapat menentukan masa depan untuk melamar ke perusahaan lain yang bergerak di bidang garment,” tandasanya.

[]

Nang