Kegiatan Yang Telah Dan Sedang Dilakukan Sektor 21 di Hingga Juli 2019

0
23

BANDUNG – Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat S.IP, M.SI hingga saat ini menuntaskan pembangunan sarana dan prasarana di masyarakat dalam menyukseskan program Citarum Harum yang sudah berjalan setahun lebih.

Walau masih ada masyarakat yang kurang kepeduliannya dalam beberapa hal, namun tidak menyurutkan semangat Satgas Citarum Harum. Sebab, banyak pula yang peduli dan diwujudkan dalam partisipasi terhadap program Citarum Harum.

Kolonel Yusep hari Kamis (11/7-2019) memerinci kegiatan yang telah dilakukan jajarannya di setiap Subsektor. Di Sektor 21 telah ditanam 2.640 pohon di area sekitar 2.000 M2.

Sektor 21 sudah membangun dan sedang membangun 63 Unit mandi cuci kakus (MCK) namun bahkan sudah dibangun 150 unit untuk atasi limbah rumah tangga dan ternak.

Demikian pula, katanya, dalam usaha pengerukan sedimentasi di sungai sudah mencapai 100 M3 dan yang sudah diangkut sekitar 30 M3 yang dilakukan secara manual di Subsektor Cimahi Utara juga 150 M3 sampah sudah diangkat secara manual.

Sementara, kata Dansektor dalam pengadaan alat berat untuk pengerukan sedimentasi sungai, Sektor 21 selalu berkoordinasi dengan pemerintah yang dalam hal ini dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Mengenai titik banjir saat musim hujan, menurut Kolonel Yusep berada di Jl. Moh. Toha simpang Palasari dengan ketinggian satu meter, kemudian di Kp. Sekeandur Desa Cangkuang Wetan dan Kp. Bobojong Kel. Pasawahan dengan ketinggian antara 30 Cm hingga 1 M dengan luas yang terendam banjir mencapai 23 Ha.

Kol. Yusep menghitung, kondisi awal banjir yang merendam dengan ketinggian mencapai 1 M dan surut dalam tempo seminggu, kini bisa surut dalam tempo 2-3 hari.
Ia memerinci jumlah industri di wilayahnya mencapai 385 PT, yang sudah dicor lubang pembuangannya 12 pabrik dan 40 pabrik sudah komitmen memelihara dan memperbaiki IPALnya. Tidak ada yang bandel namun sudah 3 industri yang diberi sanksi sosial.

Untuk kepentingan masyarakat, kata Dansektor 21, sudah dibangun 29 bak sampah di wilayah Sektor 21 dan sudah 100% selesai dengan 8 sudah diresmikan. Selain itu juga sudah 17 taman dibangun dan satu di Cipamokolan baru selesai.

Untuk kepentingan generasi muda dan masyarakat dalam kebugaran, Sektor 21 sudah memperbaiki lapangan basket, lapangan futsal dan lapangan volley ball di Kp. Baleendah. (el)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here