Pemilihan Ketua RW Dusun Citunggul Ala Pilpres

0
138

BANYUMAS,– Dusun Citunggul di Desa Dermaji Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas Jawa Tegah,mengawali coblosan,kamis malam (11/7/2019). Namun yang dipilih, adalah Ketua RW.

Tak jauh beda dengan pemilu, pemilihan Ketua RW 05 Citunggul itu juga digelar layaknya pemilihan presiden. Petugas menyediakan TPS yang menjadi wadah masyarakat untuk memilih. Selain itu petugas juga berpakaian rapi berseragam putih hitam.

Warga juga diminta datang untuk menyumbangkan suara,dengan Kartu undangan yang telah dibagikan beberapa hari sebelum pencoblosan yang hampir sama kertas undangannya seperti pencoblosan pemilu.Dimulai sejak pukul 07.30 hingga pukul 21.30. Usai pemungutan suara petugas juga melakukan penghitungan surat suara warga. Tak hanya itu, warga yang sudah mencoblos juga dibubuhi tanda dengan tinta.

Pemerintahan Desa Dermaji melalui Andi Wibowo mengatakan pemungutan suara secara terbuka untuk memilih ketua RW dilakukan dilingkungan RW 05 berlaku untuk setiap KK. Kita ingin warga terlibat langsung dalam pesta demokrasi di lingkungan RW 05. Untuk itu kita gelar proses pemilihan layaknya pemilu ini, terlepas siapapun ketua RW yang terpilih.Karna Ketua RW adalah penyambung tangan masyarakat dengan pemerintah. Oleh sebab itu ketua RW terpilih harus sesuai keinginan masyarakat.

Dikesempatan yang sama Ketua Panitia Pemilihan Sutrisno S.pd menambahkan Di Dusun citunggul  kebetulan Berjumlah 5 Rt dan masing masing Rt mengirimkan 1 Kanditat untuk dicalonkan menjadi ketua RW yaitu diantaranya  Risno(Rt 1),Darko(Rt 2),Ritno(Rt 3), Sukarjo(Rt 4),Kusmaryo(Rt 5). Tak hanya pemungutan suara yang diberlakukan untuk setiap KK, panitia juga Mengundang Grup Kentong Wana laras dari Rw 7 Karang Gedang, sebagai ucapan terima kasih dan menghibur warga atas partisipasi menyumbangkan suaranya.Karena antusias warga yang sangat tinggi, kita ingin mengucapkan terima kasih dengan hiburan musik kentongan.Karena dari 322 pemilih yang terdaftar,318 pemilih yang hadir ke TPS. Itu artinya hampir 95 persen warga RW 05 peduli dengan lingkungannya sehingga memberikan hak suara secara langsung,       

Setelah dilakukan pemilihan dan penghitungan secara terbuka, akhirnya Risno terpilih menjadi Ketua RW 05 diDesa Dermaji untuk periode 2019-2024.Hasil Perolehan suara,Risno Memperoleh suara150,disusul Darko 53 suara,Sementara Ritno 12 suara,Sukarjo 11 suara,dan kusmaryo 92 suara. 

Semntara Dalam proses pemilihan ketua RW 05 Citunggul Dihadiri Dari Pemerintahan Desa dermaji diantaranya Sekertaris Desa Dermaji Harry Caryono,Andi Wibowo,Nasikin Kepala Dusun II Sarjo Dan tamu undangan lainya. []

Tris