Anggota Koramil 0421-07/Sidomulyo Terjun di Posyandu

0
48

LAMSEL,– Anggota Koramil 0421-07/Sidomulyo, Kodim 0421/LS, Pelda Heriuddin melaksanakan komunikasi sosial dengan ibu-ibu Posyandu Cempaka 2, Dusun Kediri, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, Senin (15/7/2019)

Kegiatan dilaksakan dikediamannya setiap sebulan sekali, dalam rangkaian menjaga serta merawat kesehatan anak-anak secara terpadu.

Dalam kesempatan itu, Pelda Heriuddin yang mendampingi Bidan Wirda Mustika memberikan pelayan dengan sabar agar masyarakat bisa terlayani secara maksimal.

“Posyandu ini diadakan setiap bulan sekali, tiap tanggal 15 pertengahan bulan, dan selalu ditempatkan di kediaman kami. Tujuanya guna mempromosikan kesehatan, terutama aspek gizi balita, kesehatan maternal di masyarakat,” terang Heriuddin.

Menurutnya, Posyandu ini sangat penting karena dalam kegiatan posyandu ada segi manfaatya. “Ada pelayanan kesehatan utama yang bisa didapatkan di Posyandu, yaitu layanan kesehatan ibu dan balita, konsultasi tentang keluarga berencana (KB), imunisasi balita, peningkatan gizi balita dan pencegahan-penanggulangan penyakit anak,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesehatan masyarakat khususnya balita dan ibu hamil dapat terpelihara.

Di tempat tepisah, UPT Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo dr, Rocky Jacky Lasso menyampaikan, posyandu terbuka untuk semua masyarakat yang ingin berkunjung, yaitu bayi dan anak balita, bumil (ibu hamil), bufas (ibu nifas) dan buteki (ibu meneteki/ menyusui), PUS (Pasangan Usia Subur) dan pengasuh anak/baby sister.

“Posyandu adalah jenis UKBM yang terkait dan terlibat adalah desa, PKK, dan kesehatan juga dinas- dinas terkait. Tujuannya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, penimbangan dan pemantauan tumbuh kembang balita, penyuluhan, imunisasi, pengukuran tinggi badan, imunisasi, KIA,KB, lintas sektor terkait bisa dari peternakan, KUA,PLKB, PKK,” paparnya.

Dijelaskan, manfaat dari segi kesehatan supaya pertumbuhan dan perkembangan semua balita dapat dipantau setiap bulannya, memantau pertumbuhan bayi dan anak-balita sehingga terhindar dari gizi buruk, asupan kapsul vitamin A dan imunisasi lengkap untuk bayi dan anak-balita, pemantauan berat badan, tablet tambah darah dan imunisasi tetanus toxoid untuk bumil ,Asupan kapsul vitamin A dan tablet tambah darah untuk bufas, penyuluhan wawasan, pengetahuan dan pengalaman terkait kesehatan ibu dan anak balita.

“Lalu, kapan saja bisa ke posyandu? Posyandu dilaksanakan sekali sebulan di tiap dusun atau  lingkungan atau RW,” pungkasnya. (Selamet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here