Babinsa Cipari Tanamkan Nasionalisme dengan PPBN

0
27

CILACAP,- Babinsa Cipari Koramil 11 Sidareja Sertu Sabarja, tanamkan Nasionalisme dengan memberikan materi tentang Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) kepada siswa-siswi kelas X SMK Fatahilah Cipari yang berjumlah 186 orang, bertempat di Aula SMK Fatahilah Cipari, Kecamatan Cipari, Selasa (16/07).

Menurut Sertu Sabarja, Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) di lingkup sekolah memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter para siswa yang notabene generasi muda penerus Bangsa. Terkait hal tersebut, sebagai aparat teritorial yang memiliki fungsi pembinaan wilayah, menjadi kewajibannya untuk membekali para siswa dengan materi bela negara.

Pemberian materi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) kepada siswa siswi SMK Fatahillah Cipari memiliki tujuan agar para siswa-siswi dapat memahami dan mengerti tentang apa itu bela negara. Sehingga akan timbul jiwa Patriotisme dan Nasionalisme yang terwujud dalam bentuk semangat untuk mencintai tanah air, Bangsa dan Negara Indonesia, terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan beberapa materi yang diberikan antara lain tentang empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila,UUD 1945, Bhineka tunggal Ika dan NKRI harga mati.

Dengan diberikan pembekalan tersebut diharapkan anak-anak akan mengerti dan memahami sekaligus bisa mengamalkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari, dalam kehidupan sekolah maupun bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kesatuan Republik Indonesia.

“Semoga dengan pembekalan ini siswa-siswi bisa mengingat kembali sejarah bangsa Indonesia yang sudah ditorehkan oleh pendahulu kita dan sebagai generasi penerus untuk memahami serta untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara, membentuk Patriot Bangsa yang setia dan menjunjung tinggi nilai luhur Bangsa serta senantiasa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, terang Sertu Sabarja. (Kris/Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here