Komsos Kreatif, Kodim 0703 Cilacap Gelar Lomba Musik Jalanan dan Tari Kreasi Perjuangan

0
112

CILACAP,- Dalam rangka melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah Kabupaten Cilacap guna meningkatkan rasa cinta tanah air dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa khususnya dikalangan generasi muda, Kodim 0703/Cilacap menggelar Lomba Musik Jalanan dan Tari Kreasi Perjuangan yang bertempat di halaman Makodim, Jln. Jenderal Sudirman No.D-1 Cilacap, Jumat (9/8).

Kegiatan Komsos Kreatif yang dikemas dalam kegiatan seni budaya merupakan sarana untuk membangun komunikasi dan silaturahmi sehingga terwujud satu pemahaman, pengertian dan kepentingan yang sama dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan ini hadiri langsung oleh Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E, M.Tr(Han), Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofiq Alfian beserta para Danramil jajaran, Ibu Ketua Persit KCK Cab XVIII Dim 0703/ Cilacap beserta pengurus, Juri dari Dinas P dan K Kabupaten Cilacap dan diikuti oleh 9 grup peserta Lomba yang berjumlah sekitar 80 orang.

Adapun peserta Lomba Musik Jalanan diantaranya Grup Kentongan Laras Wijaya, Grup Kentongan Putra Angsana, Grup Kentongan Necis, Grup Kentongan Suro Aji dan Grup Kentongan Sekar Wulung, dan untuk peserta Tari Kreasi Perjuangan yaitu Grup Tari SMA N 3 Cilacap, Grup Tari SMK Darusalam Karangpucung, Grup Tari SMK YPE Kroya dan Grup Tari SMA N 1 Maos.

Dalam kesempatan itu Dandim 0703/Cilacap menegaskan bahwa penyelengaraan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif tahun 2019 dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas satuan dalam mengoptimalkan potensi wilayah dalam menggugah kesadaran berbangsa dan bernegara guna menumbuhkan rasa cinta tanah air, rasa kebangsaan dan semakin kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Seni budaya sebagai salah satu wujud kesadaran serta menghargai  akan pentingnya nilai sejarah, seni dan budaya bangsa dalam masyarakat khususnya generasi muda seiring makin tingginya minat dan animo mereka untuk mengembangkan kreativitasnya dibidang seni budaya, ” tegas Dandim.

Sebagai wujud apresiasi, diakhir kegiatan Dandim 0703/Cilacap didampingi ibu Ketua Persit KCK Cab XVIII Dim 0703/Cilacap memberikan penghargaan berupa tropi dan uang pembinaan kepada para peserta yang telah dinyatakan sebagai pemenang/ juara oleh Dewan Juri. Adapun untuk Juara I Lomba Tari Kreasi Perjuangan di raih oleh Grup Tari SMA Negeri 1 Maos dan Juara 1 Lomba Musik Jalanan diraih Grup Musik Kentongan Suro Aji Cilacap. (Kris/Wen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here