Paskibraka Kabupatan Cilacap Dikukuhkan

0
438

CILACAP – Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E, M.Tr (Han) bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap memasangkan Kendit Paskibraka pada acara pengukuhan Paskibraka Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2019 di Pendopo Wijayakusuma Sakti Kabupaten Cilacap Jl. Jend. Sudirman No. 32 kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap, Jum’at (16/8).

Pengukuhan tersebut dilakukan Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji terhadap 48 Putra-putri anggota Paskibraka yang telah melalui tahap seleksi dan latihan untuk tingkat Kabupaten Cilacap. Pengukuhan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Cilacap Samsul Auliya Rahman, S.S.TP, MM, Sekda Drs. Farid Ma’ruf, MM dan Kepala OPD Kabupaten Cilacap dan disaksikan oleh para orang tua siswa anggota Paskibra yang hadir pada acara itu bersama tamu undangan lainnya.

Sebelum pengukuhan, Bupati berpesan kepada seluruh anggota Paskibraka untuk lebih mengenal jati dirinya sebagai generasi penerus bangsa dan dituntut untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. ” Hari ini anak-anaku akan dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Pengukuhan ini bermakna bahwa Paskibraka berjiwa kesatria, satukan perkataan dan perbuatan, bertanggungjawab, rela berkorban untuk Ibu Pertiwi.

Selepas memimpin pengucapan Ikrar Putra Indonesia, Bupati Cilacap beserta seluruh Forkopimda Kabupaten Cilacap memasangkan Kendit Paskibraka ke pinggang seluruh anggota Paskibraka sebagai tanda pengukuhan sebagai Paskibraka.

Dalam amanatnya Bupati Cilacap mengatakan bahwa Paskibraka yang dikukuhkan pada hari ini tentunya akan melaksanakan tugas bersejarah, mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada Upacara Pengibaran Bendera Kebesaran dan Detik-detik Proklamasi Tingkat Kabupaten Cilacap pada tanggal 17 Agustus 2019 besok.  Atas nama pribadi dan Pemda Kabupaten Cilacap mengucapkan selamat kepada seluruh Paskibraka Kabupaten Cilacap tahun 2019.

“Kalian adalah Putra-putri pilihan diantara ribuan siswa di Kabupaten Cilacap yang telah melalui seleksi dan pelatihan yang sangat ketak sehingga kalian mendapatkan kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas yang membanggakan ini, ” papar Bupati.

Bupati berharap kepercayaan dan kehormatan ini hendaknya dapat disyukuri dengan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Kelancaran dan kesuksesan dalam pengibaran maupun penurunan bendera akan mendukung kekidmatan jalannya upacara selain dari faktor lain seperti kekompakan dalam suatu kesatuan yaitu Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang menuntut konsentrasi, tanggungjawab dan disiplin yang tinggi,” terang Tato Suwarto.

“Kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas sebagai Paskibraka tahun 2019 ini, juga bisa menjadi modal untuk menambah motivasi, menambah tekad dan semangat dalam mengembangkan diri. Jadikan pula tugas yang kalian emban ini sebagai babak baru atau momen penting dalam membangun masa depan kalian semua,” tandasnya. (kris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here