Juknis DAK tak Mengatur Bayar RAB dan SPJ

0
109

LUBUKLINGGAU,– Mengenai biaya pembuatan Rincian Anggaran Belanja (RAB) dan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) pada kegiatan rehab sekolah tak diatur dalam DAK. Tapi, dibayar oleh sekolah.

Demikian disampaikan, Suwarni, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 21 Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Sabtu (21/9).

“RAB rehab sekolah dibuat Dinas PU Kota Lubuklinggau. Sedangkan SPJ nanti yang buat Dinas Pendidikan” ungkapnya.

Ia pun mengatakan, RAB dan SPJ berapapun dibayar sekolah adalah pribadi. “Bahasa kita sehari-hari uang minyak dan rokok,” terangnya.

Dikatakan, rehab SDN 21 mulai dikerjakan bulan Agustus dan harus selesai bulan Desember 2019. Kemudian, mengenai rehab sekolah ini dirinnya tak paham tentang teknis dan bahan bangunan.

“Saya tak paham soal teknis rehab sekolah dan bahan bangunan. Supaya jelas, tanya langsung sama tukang,” ujarnya.

Akibat kurang paham, ia minta bantu sama Kepala SDN 20 Lubuklinggau, karena selain berdampingan, juga sama-sama dapat bantuan rehab sekolah.

“Untuk rehab di sekolah ini, saya minta bantu sama pak Suyatno, Kepsek SDN 20 Beli bahan bangunan, karena orangnya semua bisa, lincah dan jujur. Tidak seperti saya kurang lincah dan tak paham tentang teknis dan bahan bangunan, mungkin karena perempuan,” ungkapnya.

Dikatakan, rehab SDN 21 yang ia ketahui secara umum diantaranya ganti atap, plafon, lantai, dinding keramik, pengecatan dan pasangan rolling door. “Hal lain tidak ngerti, silahkan tanya sama tukang,” jelasnya.

Jumlah anggaran DAK 2019 untuk rehab SDN 21 sekitar Rp.350 juta, dengan bangunan sekolah direhab berjumlah 6 ruang kelas belajar dan 1 ruang guru.

“Rehab sekolah bisa mulai dikerjakan, karena dana DAK tahap awal pada triwulan pertama sudah ditarik sekitar 30 % atau Rp.90 juta,” katanya.

Sementara, terpantau di lokasi nampak kondisi kayu untuk kerangka atap dan plapon tak banyak diganti, masih memakai kayu bangunan lama.

Kondisi kayu bangunan lama yang tak layak digunakan masih dipakai untuk kerangka atap dan plapon. Seharusnya, pada bagian kayu rapuh dibuang dilakukan tambal sulam dengan kayu baru.

Kemudian, besi yang dipakai untuk kolom praktis ukuran kecil menggunakan besi 8 mm dan besi 6 mm. (Toni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here