Peringati Sumpah Pemuda, Big Bad Wolf Ajak Masyarakat untuk Gemar Membaca

0
96

Dengan diskon 60%-80%, dari 1-10 November 2019, Bazar Buku Terbesar di Dunia ini Mencerdaskan Bangsa Melalui Akses Terhadap Buku-Buku Internasional yang Berkualitas.

BALIKPAPAN, eljabar.com — Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Bazar Buku Big Bad Wolf mempersembahkan bagi seluruh rakyat Kalimantan Timur akses bacaan yang berkualitas dengan harga terjangkau. Bazar Buku Big Bad Wolf hadir untuk pertama kalinya di Balikpapan, yang sebelumnya telah sukses diselenggarakan di lima kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Yogya, Medan dan Surabaya.

Dengan diskon 60 hingga 80 persen, kini Bazar Buku Big Bad Wolf hadir di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) pada tanggal 1-10 November dari jam 8.00 hingga 24.00, dan gratis biaya masuk gedung.

Kesadaran akan pentingnya mengenalkan budaya membaca serta memberikan akses buku-buku yang baik, bermutu serta terjangkau kepada masyarakat menjadi semangat Bazar Buku Big Bad Wolf untuk terus menyelenggarakan Bazar Buku ini ke daerah-daerah di Indonesia. Menurut data oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pada tahun 2012, indeks membaca dan berliterasi masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0.001 persen.

Artinya, dari 1000 orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca. Riset berbeda bertajuk Most Literate Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi yang kini dikenal sebagai Ibu Buku mengatakan, “Rendahnya minat baca tentu mempengaruhi tingkat intelektualitas masyarakat. Hal ini akan berdampak pada bagaimana masyarakat menanggapi suatu permasalahan atau isu yang tengah berkembang,” jelas Uli.

Masyarakat dengan tingkat kegemaran membaca yang tinggi pasti akan meganggapi suatu permasalahan dengan cara yang berbeda dengan masyarakat yang mempunyai tingkat kegemaran yang rendah.

“Dan cara yang paling ampuh untuk mengatasi itu semua hanya satu, yaitu berliterasi. Untuk itu dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, generasi Indonesia harus dapat merubah kebiasaan-kebiasaan lama dengan kebiasaan baru yang lebih positif demi menciptakan generasi yang lebih baik, karena buku adalah jendela dunia,” katanya.

Uli menambahkan, Bazar Buku Big Bad Wolf Balikpapan 2019 akan menyediakan pilihan buku yang beragam. Diskon besar-besaran dimulai dari  60 hingga 80 persen untuk semua buku internasional juga bertujuan untuk menumbuhkan minat baca. Bazar buku ini hadir dengan misi untuk menggalakkan budaya membaca sejak dini, mencerdaskan bangsa, serta menyediakan akses untuk memperoleh buku bacaan yang berkualitas dengan harga terjangkau bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia.

“Dengan Bazar Buku Big Bad Wolf, diharapkan dapat menjadi salah satu wadah untuk menyebarluaskan wawasan ilmu pengetahuan dan mengajak masyarakat untuk lebih mencintai buku,’’ tambah Uli Silalahi.

‘‘Kami menghadirkan buku-buku yang menarik, unik dan jarang di temukan di tempat lain,’’ kata Uli Silalahi.

Berbagai macam buku turut didatangkan mulai dari buku anak-anak, seni, budaya, bisnis, arsitektur, memasak, fashion hingga deretan novel karangan penulis terbaik di dunia dengan diskon besar-besaran untuk semua buku internasional. Seiring dengan perkembangan zaman, Bazar Buku Big Bad Wolf turut melakukan inovasi agar anak-anak usia dini lebih tertarik pada buku.

Buku anak yang paling diminati dalam Bazar Buku Big Bad Wolf adalah buku ajaib. Buku ini merupakan salah satu terobosan terbaru yang menggabungkan antara teknologi dan literasi, yakni teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi ini dapat menjadikan cerita dan pembelajaran lebih interaktif serta mengembangkan imajinasi anak-anak.

Terdapat 17 judul buku ajaib. Pada buku ajaib yang berjudul Ayo Sholat terdapat karakter menarik, Alif untuk laki-laki dan Sofia untuk perempuan. Karakter ini mengajarkan anak-anak bagaimana cara berwudhu, tata cara sholat lima waktu, rukun sholat dan bacaan doa yang dibaca di setiap rukunnya.

Selain itu terdapat juga kejutan judul baru: “ABC Fun with Mickey” dan “123 Counting Fun with Mickey” yang hanya bisa didapatkan secara eksklusif di Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia. Melalui Buku Ajaib, anak-anak dapat merasakan pengalaman unik menyaksikan karakter favorit mereka menjadi hidup. Dengan bantuan aplikasi yang di download secara gratis, anak-anak diajak untuk membaca, belajar, dan bermain seperti mewarnai halaman, menemukan objek tersembunyi, menikmati berbagai kreasi animasi, musik dan masih banyak lagi.

Selain buku anak, berbagai genre buku dapat ditemukan dalam Bazar Buku ini, mulai dari seni, budaya, novel, fiksi, romance, sastra, graphic novel, bisnis, arsitektur, memasak, fashion dan masih banyak lagi.

Untuk meningkatkan minat baca pada seluruh rakyat Indonesia, ketersediaan buku bacaan yang baik dan bermutu pun perlu diimbangin. Untuk itu, Bazar Buku Big Bad Wolf memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bernama Red Readerhood. Melalui program sosial ini, buku-buku bacaan yang baik dan berkualitas akan didonasikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan hingga ke pelosok tanah air.

Tahun ini Bazar Buku Big Bad Wolf melalui program Red Readerhood bekerjasama dengan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Abri dan TNI Polri (FKPPI) untuk menyebarkan buku bacaan yang berkualitas ke perpustakaan-perpustakaan baik di sekolah, desa ataupun taman bacaan yang berada di Kalimantan Timur.

Bazar Buku Big Bad Wolf berkomitmen untuk bisa selalu memberikan dampak langsung kepada masyarakat Indonesia. Buku-buku yang didonasikan diharap dapat bermanfaat dalam memajukan pendidikan dan menjadi semangat baru untuk lebih gemar membaca.

Hadir pula dalam acara pembukaan, Kepala Kantor Wilayah XI BCA Balikpapan, Mingto Purba. Mingto mengatakan acara ini merupakan bentuk dukungan BCA kepada kegiatan kesadaran membaca buku pada generasi muda. BCA juga menawarkan beragam promo istimewa, antara lain voucher cashback hingga Rp500.000 untuk pembayaran dengan Kartu Kredit BCA dan Kartu Debit BCA dengan chip, diskon 50% untuk pembelian voucher BBW menggunakan Reward BCA, Paket Harga Khusus Nasabah BCA yakni beli 3 gratis 1 buku ajaib Augmented Reality dengan Kartu Kredit BCA, Kartu Debit BCA, Flazz, maupun Sakuku, Cicilan BCA 0% hingga 6 bulan, serta tambahan diskon 20% untuk judul buku pilihan.

“Kami berharap masyarakat, khususnya generasi milenial Balikpapan, dapat memperluas cakrawala pengetahuannya melalui gelaran Bazar Buku Big Bad Wolf. Mari kita rayakan literasi dengan penuh kegembiraan!” tutup Mingto.

Para pengunjung Bazar Buku Big Bad Wolf Balikpapan 2019 juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah total Voucher BBW senilai 30 juta rupiah dan tote bag eksklusif dari Taylor Fine Goods (TFG) dengan mengikuti kontes yang diadakan selama bazar berlangsung. Ada dua kontes yang dapat diikuti oleh pengunjung yaitu #FotodiBBWBPN2019 dan #BarbukBBWBPN2019. Akan dipilih 10 pemenang harian untuk masing-masing kontes.

Untuk mendapatkan informasi detail mengenai Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia, dapat diakses melalui Facebook:bbwbooksindonesia dan Instagram: bbwbooks_id. Selain mengajak masyarakat untuk lebih gemar membaca, Bazar Buku Big Bad Wolf juga mengajak pengunjung untuk lebih cinta terhadap lingkungan dengan cara ikut mendukung hidup tanpa sampah plastik dengan cara membawa tas atau koper dari rumah.

Acara pembukaan turut dihadiri oleh Walikota Balikpapan Bapak Rizal Effendi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Komisi X Bapak Ferdiansyah, Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia Ibu Uli Silalahi dan Kepala Kantor Wilayah XI, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Bapak Mingto Purba. *red