Warga Lambar Datangi Lokasi Sosialisasi Pakan Ternak dari Daun Kering

0
356
Danrem 043/Gatam saat melihat catatan hasil uji Lab.

LAMPUNG BARAT, — Setelah berhasil menularkan ilmunya membuat daun-daun kering sebagai pakan ternak kepada warga desa Seloretno dan desa Sidodadi dalam wilayah Kecamatan Sidomulyo, yang memiliki ternak Sapi dan Kambing sehingga para warga yang sebelum nya kesulitan mencari pakan segar (hijau) untuk ternak nya kini mereka merasa terbantu dengan memperoleh ilmu pengetahuan dari Sertu Zulkarnaen yang mengolah daun kering jadi pakan.

Saat ini Sertu Zulkarnaen sedang memaparkan ilmunya kepada warga Kecamatan Bandar Negri Suoh, Kabupaten Lampung Barat.

Sebagaimana dituturkan Ilham, warga Trimekar Jaya Blok 5 selaku peternak dan penjual mengatakan, “Dengan adanya pengolahan limbah daun kering yang diterapkan Sertu Zulkarnaen ini, kami sebagai peternak dan penjual sangat lah terbantu guna meringankan pekerjaan kita dalam memberi makan hewan ternak yang banyak, ditambah dengan tenaga yang ringan serta biaya yang murah,” ujar Ilham.

Sementara warga Srimulyo Blok 3,Gito mengatakan juga, “Apa yang dipaparkan oleh Babinsa dari Kabupaten Lampung Selatan ini pada saat musim kemarau berkepanjangan sangatlah membantu,karna disini juga pada prinsipnya banyak daun kering seperti, daun Coklat, daun Pisang dan daun Kopi. Dari pada dibakar mending kita manfaatkan buat pakan ternak melalui Fermentasi seperti yang diterapkan pak Zulkarnaen ini,” ungkapnya.

Walau didaerah sini masih banyak ditemukan rumput dan daun yang hijau namun setelah saya melihat hasil apa yang telah diterapkan Zulkarnaen sangat bagus ,bisa diterapkan ketika kita lelah mencari rumput atau mencari daun hijau,apa lagi hasil uji Labnya sudah menunjukan bahwa melalui Fermentasi ini baik untuk pakan ternak Sapi.

Kehadiran Sertu Zulkarnaen di Pekon Bandar Agung Kecamatan Bandar Negri Suoh, Kabupaten Lambar adalah di undangan dalam upacara penutupan TMMD yang Ke 106.Kodim 0422/Lambar tahun 2019 yang mengambil Thema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Mensejahtrakan rakyat”.

Dalam kesempatan itu Danrem 043 Gatam mengatakan, “Lebih bagus sampah keringnya dipergunakan untuk pakan ternak, kami sebagai aparat komando kewilayahan salah satu tugas kami adalah bagaimana mengatasi kesulitan masyarakat disekitar tempat kami tinggal/ bertugas dengan melihat situasi sekarang musim kemarau rumput- rumput yang hijau mungkin sudah sedikit, bagaimana kita memanfaatkan rumput-rumput kering sampah-sampah yang mungkin biasanya dibakar sehingga berdampak kepada Polusi ,dengan adanya Inovasi dari Pak Zul bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak bisa di jual juga sebagai meningkatkan ekonomi dan paling tidak untuk pakan ternak sendiri,” kata Danrem.

Hadir dalam acara penutupan TMMD ke 106 di Kecamatan  Bandar Negri Suoh Lambar Danrem 043 Garuda Hitam Kolonel Inf. Taufiq Hanafi, Bupati  Lambar, Parosil Mabsus serta berbagai pajabat dari daerah lain.

Selamet-Andy