Kol Yusep Sudrajat Berikan Pemaparan Kepada 115 Calon Dandim; Perlunya Menyatukan Persepsi

0
97

BANDUNG – Dansektor 21 Satgas Citarum Harum, Kol. Inf. Yusep Sudrajat Jum’at lalu (1/11) memberi pembekalan di hadapan 115 calon dan Komandan Kodim se- Indonesia di Pusat Pendidikan Teritorial (Pusdikter) Pusterad, Gadobangkong Kab. Bandung Barat.

Dalam awal pembekalannya, Kolonel Yusep membeberkan begitu rumitnya kondisi di masyarakat terutama dalam penataan lingkungan.
Teori satu komando itu mudah koordinasi, ternyata dalam prakteknya di masyarakat sulit karena munculnya berbagai kepentingan.

“Disinilah perlunya kita bertindak arif dalam melaksanakan dan menyelesaikan masalah karena munculnya berbagai kepentingan di masyarakat”, ucapnya.

Pembekalan ini, katanya, diharapkan kelak menjadi bekal saat para perwira siswa mendapat tugas sebagai Dandim. “Siapa tahu di antaranya ada yang dapat tugas di Kodam III Siliwangi”, harapnya pula.

Kolonel Yusep juga menggambarkan situasi dan kondisi lingkungan hidup di Jawa Barat dengan lingkungan alam dan masyarakatnya yang perlu menyatukan persepsi.


Khusus program Citarum Harum yang tertuang dalam Perpres No. 15 tahun 2018 sudah memasuki tahun ke-2 dengan tersisa waktu 5 tahun lagi dapat menjadi bekal bagi mereka yang ditugaskan di Kodam III/Siliwangi.

Dalam prakteknya, mewujudkan Citarum Harum itu perlu berbagai upaya pendekatan karena yang dihadapi aneka kepentingan.

Sementara itu, peserta penataran perwira siswa yang juga Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf. Charles Alling menyatakan cukup jelas pembekalan dari Kolonel Yusep.

Hal yang sangat baik telah dilakukan di Kodam III merupakan dorongan positif bagi para peserta penataran ini yang kelak menjabat Dandim di seluruh wilayah NKRI.

Letkol Charles berharap apa yang diperoleh dari penataran ini menjadi model, karena masalah lingkungan, khususnya sungai tidak hanya ada di Kodam Siliwangi saja melainkan juga ada di seluruh Kodam.

“Semua menghadapi masalah yang sama. Cuma perlu mencari solusi guna mendorong Pemerintah Daerah bersama stakeholdernya melakukan kegiatan yang serupa”, tegasnya.**

Elly