Dongkrak Produksi Daun Bawang, Bupati Berikan Bantuan Alsintan

0
156

LAMPUNG SELATAN, — Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melakukan Panen Raya Daun Bawang sekaligus menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani (Poktan) di Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo.

Panen Raya tersebut dipusatkan pada petani Daun Bawang di Dusun Sudul, Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo, sekaligus menyerahan bantuan Alsintan, Rabu (6/11/2019). 

Selain Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto acara tersebut dihadiri Anggota DPRD Dapil Sidomulyo Malik Ibrahim, Staf Ahli Bupati, Asisten, OPD Kabupaten Lampung Selatan, Camat Sidomulyo Rendy Eko S, para kepala desa se-Kecamatan Sidomulyo, para Kepala UPT, Gapoktan, Poktan serta para tamu undangan yang telah ditentukan.

H. Nanang Ermanto dalam arahannya meminta kepada para petani untuk mempunyai kreatifitas sehingga bisa lebih menciptakan suatu inovasi serta bisa merubah pola pikir untuk lebih maju, karena petani itu orang yang hebat. Jadi jangan terpaku dengan mengandalkan tanaman jagung saja, carilah trobosan yang kiranya bisa menciptakan pertanian sekaligus jadi objek wisata, mencoba berusa bagaimana orang bisa tertarik untuk mampir ke desa.

Seperti halnya yang dilakukan para petani yang berada di Desa Sukamarga, meski di musim kemarau bisa mencari usaha alternatif lain dan mencari apa yang menjadi kebutuhan pasar, seperti menanam Daun Bawang yang kita lakukan pada hari ini.

“Mari kita robah pola pikir kita agar lebih maju, agar dengan bertani tapi kita mampu mencukupi kebutuhan keluarga dan bisa mengangkat perekonomian warga,” jelasnya.

Nanang meminta juga kepada para petani yang telah diberi bantuan berupa Alsintan agar di rawat dan dijaga dengan baik, ini bantuan bukan untuk perorangan namun untuk kebutuhan kelompok tani agar bisa memanfatkan dengan sebaik-baiknya agar bisa menghasilkan dan setelah hasil bisa menyisihkan hasilnya buat biaya perawatan.

Plt. Bupati Lamsel juga menegaskan bahwa semuanya ini bukan semata-mata untuk sebuah pencitran namun semuanya dilakukan karena kebutuhan para petani, agar sekiranya lebih maju khususnya Lampung Selatan. Usai menyerahkan secara simbolis bantuan Alsintan kepada Gapoktan dan Poktan yang berada diwilayah Kecamatan Sidomulyo, khususnya Desa Sukamarga.

Sementara Kepala Desa Sukamarga Siadiantori mengucapkan banyak trimakasih kepada Plt. Bupati Nanang Ermanto yang telah berkenan hadir pada saat panen Daun Bawang ini. Juga kepada jajaran pemerintahan desa beserta muspika dan segenap elemen masyarakat yang ikut membantu terselenggaranya kegiatan ini, hingga terlaksana dengan sukses lancar dan juga aman.

“Kami selaku pemerintah desa sangatlah mendukung dari pada pertanian yang ada di Desa Sukamarga ini. Untuk itu kami menyampaikan juga bahwa kebutuhan air para petani ini sangatlah minim sehingga untuk sementara ini ia mengandalkan air dari sumur warga yang memakai selang, hingga beratus ratus meter, juga pada saat ini mereka melakukan tanam menaman ini dengan cangkul,” jelas kades.

“Jadi harapan kami kepada Plt Bupati khususnya Dinas terkait agar bisa membantu kesulitan para petani Daun Bawang ini seperti bantuan sumur bor, dan alat pertanian, karna kami melihat dari hasil daun bawang mereka ini mampu mendaftarkan diri untuk naik haji,” ujar Siadiantori.

Selamet- Andy