Perkaya Pengetahuan, FKN Unhan Studi Visit di Lampung

0
86

LAMPUNG,– Fakultas Kemanan Nasional (FKN) Unhan dipimpin oleh Dekan FKN Unhan Laksamana Muda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, ST., M.MT., Ketua LPPPM Unhan Laksamana Muda TNI Dr. Drs. Suyono Thamrin, S.T., M.Eng.Sc , melaksanakan studi visit di Provinsi Lampung yang diterima Gurbenur Lampung diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Irwan Sihar Marpaung. Acara kemudian dilangsungkan di Ruang Sungkai Balai Keratun Kantor Gubernur Prov. Lampung Jl. Wolter Monginsidi Kec. Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Rabu (20/11).

Dalam sambutannya, Dekan FKN Unhan menyampaikan Studi visit ini diikuti oleh 108 civitas akademika FKN Unhan yang terdiri dari tiga program studi (Prodi) dengan tema yang berbeda.

Prodi Manajemen Bencana (MB) mengusung tema “Sinergitas Pentahelix Penanggulangan Bencana dalam mewujudkan keamanan Nasional”, Prodi Keamanan Maritim (KM) dengan tema studi “Pembangunan Infrastruktur Laut di Provinsi Lampung”. Sedangkan Prodi Damai dan Resolusi Konflik (DRK) dengan tema “Peran Pemerintah Daerah dan Stakeholder dalam penanggulangan konflik”.

Study visit ini dimaksudkan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa dalam berbagai aspek, terutama dalam bidang strategi, manajemen dan keamanan serta teknologi serta untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa Fakultas Keamanan Nasional dalam memahami berbagai isu nyata di bidang keilmuan masing-masing. Study visit juga diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan jaringan serta wawasan mengenai pertahanan.

Pada kesempatan ini Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung  mewakili Gurbenur Lampung memaparkan tentang Upaya pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan peran stakeholders dalam upaya penurunan risiko bencana, penanganan konflik dan pengeloloan sumber daya kelautan. Hal ini berangkat dari data yang menunjukan bahwa Provinsi Lampung merupakah salah satu Provinsi yang memiliki resiko bencana, memiliki rekam jejak yang baik dalam penanganan konflik, serta memiliki potensi yang besar dalam bidang kelautan.

Setelah diterima oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung  kegiatan studivisit ini dilanjutkan jadwal kegiatan masing-masing prodi yang telah ditentukan seperti Prodi Manajemen Bencana dengan melaksanakan kunjungan ke Kantor BPBD Provinsi Lampung yang dilanjutkan dengan uudiensi dengan kepala BPBD Propinsi Lampung, Prodi Kemanan Maritim melaksankan kunjungan ke Kantor DKP Provinsi Lampung dan sekaligus melakukan audiensi dengan Kepala DKP Provinsi Lampung, dan untuk Prodi Damai dan Resolusi Konflik (DRK) melaksanakan kunjungan ke kantor Kesbangpol Propinsi dan dilanjutkan Audiensi dengan Ka Kesbangpol.

Studi visit FKN Unhan ini juga diikuti oleh Wakil Dekan Fakultas FKN Laksamana Pertama TNI Dr.Adnan Madjid, S.H., M.Hum., Danrem Gatam Kolonel Inf. Taufiq Hanafi , Ses Prodi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional Unhan Kolonel Kes. Dr. IDK. Kertawidana, SKM., MKKK, Ses Prodi Keamanan Maritim Fakultas Keamanan Nasional Unhan Kolonel Laut (P) Purwanto., S.E., M.M., M.Si, (Han), Ses Prodi Damai dan Resolusi Konflik Fakultas Keamanan Nasional  Unhan Kolonel Laut (T) Dr. Agus Adriyanto, S. (bas)