Nanang Ermanto Diarak Warga Menuju Lokasi Palantikan 4 Kades

0
205

LAMPUNG SELATAN, — Dalam rangka pelantikan kepala desa yaitu, Masri Efendi sebagai Kades Campang, Asli Jauhari  sebagai Kades Kota Dalam, Tubagus Dana Natadipraja, dan Syaidir sebagai Kadas Tanjungan. Dengan balutan yang bernuansa adat Lampung. Desa Kota Dalam Kecamatan Sidomulyo, dijadikan sebagai tempat pelantikan empat Kepala Desa (Kades) hasil Pilkades serentak  gelombang III dari Kecamatan Sidomulyo dan Kecamatan Katibung berlangsung sakral.

Prosesi pelantikan kepala desa yang kental dengan budaya adat Lampung Pubian itu diawali dengan arak-arakan adat diiringi rebana dan dan pertunjukkan pencak silat. Pelantikan empat Kades dari dua kecamatan berbeda itu digelar di Lapangan Desa Kota Dalam, Kecamatan Sidomulyo, Senin (25/11/2019).

Sebelum memasuki lokasi, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan Ketua TP PKK Hj. Winarni terlebih dahulu diarak menaiki Bukhung Garuda yang dipanggul sekitar enam orang.

Dihias bak seorang raja dan ratu Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Winarni mengenakan pakaian adat Lampung Pubian lengkap dengan asesorisnya.

Menurut Kepala Desa Kota Dalam Asli Jauhari , menggunakan Bukhung Garuda itu sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya yang ada di Lampung, khususnya Desa Kota Dalam, Kecamatan Sidomulyo.

“Dan arak-arakan adat itu sebagai bentuk penghargaan,serta bentuk penghormatan untuk para petinggi,” ujar Asli jauhari sebagai kepala Desa Kota Dalam terpilih

Dan itu (Bukhung Garuda) kendaraan yang dipakai raja-raja zaman dahulu, karna masyarakat Desa Kota Dalam ini masih kental dengan adat dan budaya Lampung.lengkap dengan cara pembuatan  untuk acara tertentu seperti pernikahan sampai kegiatan tujuh belas Agustus pun kami menggunakan acara khas adat tersebut.

Kami sangat bersukur dan ucapan trimakasih kepada Plt Bupati Nanang Ermato yang telah mendukung serta mengapresiasi adat yang kami tampilkan bahkan kedepan nya akan melestarikan berbagai kegiatan adat budaya lampung khusunya yang ada di Lampung Selatan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan ,sangatlah mengapresiasi serta mendukung adat budaya yang di tampilkan saat pelantikan Kepala Desa ini, saya sangatlah terharu dan sangat mengapresiasi karna saya di sambut dengan hangat serta memakai adat budaya lampung dengan begitu meriah nya.

Dan saya sebagai tokoh utama dalam acara itu mengaku sangat bangga dengan keberagaman adat dan budaya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Plt Bupati menyampaikan sudah tiga kali saya diarak naik seperti ini. Inilah adat budaya yang harus terus kita lestarikan dan kita kembangkan karna ini warisan dari leluhur kita dan sangatlah luar biasa dan harus di pertahankan.

Sehingga kami kedepan nya akan menganggarkan supaya adat- adat yang ada di Lamsel ini setiap tahun nya ada suatu kegiatan kami meminta kepada Dinas Pariwisa agar nantinya bisa diagendakan adat adat yang ada di Lampung Selatan,

Dalam penutupnya Nanang meminta kepala Desa tepilih agar selalu menjaga kekompakan kebersamaan kepada semua lapisan, rangkul semuanya demi kemajuan di desanya.

Hadir saat acara pelantikan tersebut sejumlah anggota DPRD Lampung Selatan, Ketua MPAL Kabupaten Lampung Selatan, pejabat Pemkab Lampung Selatan, ke empat kepala desa tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta tokoh masyarakat setempat.

Selamet-Andy