Stungta Mesin Pemusnah Sampah Diapresiasi para Calon Pengguna

0
120

BANDUNG – Sampah telah menjadi masalah nasional. Banyak kesulitan dan rintangan dalam menanggulanginya. Tempat-tempat pembuangan sampah di setiap kabupaten dan kota juga banyak bermasalah.

Dalam kondisi kesulitan pemecahan masalah ini, teknologi mesin pemusnah sampah ramah lingkungan “Stungta” diperkenalkan kepada khalayak oleh Hejo Tekno, Kamis kemarin (5/12) di gedung BPKAD Jl. Kawaluyaan Indah Raya Bandung.

Menurut Betha Kurniawan, CEO Hejo Tekno, acara memperkenalkan teknologi baru Stungta, mesin pemusnah sampah ramah lingkungan ini sudah diagendakan 2 tahun lalu. “Alhamdulillah sekarang sudah terlaksana,” ucapnya.

Betha mengingatkan peran penting saat berdiskusi yang dipimpin Bambang Rianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat yang berpendapat Stungta karya anak bangsa yang dalam beberapa tahun terakhir rajin memperbaharui sistem hingga beberapa langkah lagi berlabel SNI dari Badan Standar Nasional dapat kompak bekerja dengan TPS3R.

Sebelumnya, General Affair Hejo Tekno Teguh Adha mengatakan, kinerja dan sosok Stungta didiskusikan dulu segala kemungkinan termasuk pemaparan nya demi menanggulangi masalah sampah di Jawa Barat bahkan di seluruh tanar air.

Intinya kehadiran Stungta ini, kata Betha Kurniawan, bisa kolaboratif dengan metoda Tempat Pengumpulan Sampah Reuse Reduce Recycle (TPSR3) via olahan Stungta. Sampah volumenya bisa tinggal 5% saja.

Karya olahan Stungta, katanya pula, berupa karbon bermanfaat sebagai pengganti galian pasir. Ini bahan baku bisa ringan atau hebel. TPS3R jadi memiliki nilai plus.

Sementara, Kabid Infrastruktur Pembinaan Disperkin Jabar, Lucky Ruswandi mengapresiasi menyaksikan manfaat dan kinerja mesin ini. Produk ini merupakan contoh solusi permasalahan sampah di tanah air.

Pembicara lainnya juga seperti Zulhamdi dari Kantor Layanan Badan Standardisasi Nasional mengapresiasi Stungta yang dibutuhkan secara nasional.

Sedangkan Ketua RW 08 Desa Kertajaya Kec. Padalarang KBB, H. Maman juga senada dan menambahkan warganya mendambakan mesin pemusnah sampah ini dan telah menyiapkan lahan untuk penempatan Stungta melalui CSR dari Pertamina.

Elly