Pengobatan Gratis dan Lomba Menyanyi, Meriahkan Hari Disabilitas Internasional

0
179

CILACAP,– Meriahkan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPC PPDI ) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis dan Lomba Menyanyi yang digelar di Balai Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan, Minggu (8/12).

Dengan tema “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul”, kegiatan ini diikuti oleh para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Cilacap. Selain pengobatan gratis dan lomba menyanyi, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyuluhan tentang keseharan dan dihadiri langsung Penyuluh Kesehatan Dr. Fajar Suryono Indriyati, Ketua DPC PPDI Cilacap Sri Wahyuningsih Yulianti, Kasatkom Lanal Cilacap Kapten Laut (E) Didi Haryanto, Ipda Suhartono dari Polsek Kesugihan, Serka Rokhiman mewakili Danramil 06/Kesugihan dan anggota Kodim 0703/Cilacap.

Ketua Panitia dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang dilaksanakan setiap setahun sekali. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama semua pihak sehingga dapat dilaksanakan dengan baik. Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada semua instansi yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dan pada kegiatan ini, akan dilaksanakan penyuluhan kesehatan,pengobatan gratis dan lomba menyanyi,” kata Regina.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua DPC PPDI Sri Wahyuningsih Yulianti. Suatu kebanggaan baginya karena kegiatan ini diramaikan oleh semua pihak yang telah hadir pada acara ini. Melalui kegiatan ini, dia berharap penyandang disabilitas bisa mandiri. Selain itu juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa disabilitas ada dilingkungan sekitar kita. Kepada masyarakat, dia meminta apabila dilingkungannya ada penyandang disabilitas, agar disalurkan untuk berkumpul di komunitas disabilitas sehingga diharapkan para penyandang disabilitas mempunyai pola pikir yang baik.

Ipda Suhartono mewakili Kapolsek Kesugihan membuka langsung kegiatan ini. Dia berharap seluruh warga lebih peduli kepada penyandang disabilitas. Pemerintah  juga telah berkomitmen untuk mengangkat harkat dan martabat, pendidikan para penyandang disabilitas dengan diberikan hak yang sama dan difasilitasi serta disetarakan dengan warga lainya.

Pada kegiatan ini, Dr. Fajar Suryono Indriyati selaku penyuluh kesehatan memberikan penyuluhan tentang penyakit hipertensi dan diabetes baik mengenai jenisnya, penyebab, gejala maupun cara penanganannya. Kegiatan ini selanjutnya diakhiri dengan kegiatan pengobatan gratis, lomba dan menyanyi. (Kris)