Respon Cepat Sektor 21 Tanggapi Laporan Masyarakat Tentang Limbah PT CHS

0
652


BANDUNG – Satgas Citarum Harum Sektor 21 selalu cepat menanggapi laporan masyarakat jika ada pabrik yang membuang limbah ke sungai untuk mengantisipasi kotornya lingkungan tempat tinggal dan aliran sungai.


Seperti yang terjadi Senin kemarin (30/12) ada laporan dari masyarakat bahwa pabrik makanan PT. Cempaka Hirina Snack membuang limbah kotor ke anak sungai/selokan.


Dansektor 21 Citarum Harum segera mengutus Pasi Min Ops Letda Saniyo Sektor 21 untuk segera meluncur ke lokasi PT. Cempaka Hirina Snack di jalan teeusan Soreang-Cipatik km. 7 Desa Gajah Mekar Kec. Kutawaringin Kab. Bandung.


Pabrik itu ternyata telah libur tahunan dari 29 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020 sebagaimana keterangan HRD PT. Cempaka Hirina Snack.


Menurut Ridho MF Siagian selaku HRD PT Cempaka Hirina Snack, perusahaannnya memang hingga saat ini belum memiliki instalasi pembuangan air limbah (IPAL). Jadi air limbahnya dibuang ke anak sungai.


Kebetulan pula, katanya, usahanya adalah memroduksi makansn ringan dengan baha bakunya adonan aci kanji dan bahan-bahan lainnya yang menurutnya tidak mengandung bahan yang berbahaya.


Berdasarkan keterangan itu, Satgas Citarum Harum Sektor 21 belum bisa memutus perkara ini sampai ada bukti air limbahnya saat perusahaan itu buka dan berproduksi lagi.

”Karena pabrik ini sedang libur tahunan, kita belum bisa mengecek air pembuanganya. Nanti kita akan datang kembali pas pabrik ini sedang memproduksi, kita akan cek kembali”, ujar Letda Saniyo.


Karena bagaimana pun kondisi limbah yang dibuang itu jika tidak IPALnya pasti dibuang ke sungai/selokan yang akhirnya terbawa mengalir ke Citarum.*

Elly