Dirikan Posko, PDI Perjuangan Kabupaten Bogor Bantu Korban Banjir

0
202
Ketua dan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat membahas rencana penyerahan bantuan bagi korban banjir Kabupaten Bogor. (foto: Indonews)

BOGOR,– Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyalurkan berbagai jenis bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Bogor.

Seperti diketahui, banjir melanda sejumlah wilayah Kabupaten Bogor, akibatknya sejumlah masyarakat terpaksa mengungsi dan saat ini membutuhkan bantuan.

Bencana tersebut terjadi akibat beberapa hari kemarin curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi selama 14 jam. Sungai Cikeas dan Cileungsi pun meluap ke permukiman warga.

Sementara berkaitan kebutuhan warga, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, HR. Bayu Syahjohan, melalui pesan rilis yang diterima patrolicyber.com telah mengintruksikan seluruh kader dan pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Bogor untuk memberikan bantuan, baik berupa pakaian layak pakai, makanan dan lainnya.

“Bantuan dapat dikumpulkan di sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Bogor. Selanjutnya dikirim ke Posko Bantuan Banjir PDI Perjuangan dan dibagikan kepada masyarakat. Malam ini kita sudah siaga, bersiap-siap menyusun rencana penyebaran bantuan, khususnya logistik. Bantuan kita kumpulkan dulu di sekretariat, lalu disebar ke sejumlah posko bantuan banjir yang ada di beberapa titik agar seluruh masyarakat dapat memperoleh bantuan ini,” tulis Bayu, Kamis 2 Januari 2020.

Bayu menerangkan, berdasarkan keterangan yang dihimpun PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, jumlah warga yang mengungsi sudah mencapai 3.780 kepala keluarga atau 18.106 jiwa. Sedangkan beberapa titik di wilayah Kabupaten Bogor, selain mengalami bencana banjir juga berpotensi longsor.

“Ada 57 titik di 13 kecamatan dan semua kondisinya banjir dan longsor,” ungkap Bayu.

Selain itu, tambah Bayu, PDI Perjuangan Kabupaten Bogor juga menyiapkan dapur umum untuk melengkapi kebutuhan kader PDI Perjuangan yang jadi relawan banjir.

“Semuanya kita siapkan sebagai bentuk kepedulian DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor terhadap sesama,” ujar dia.

Dikatakan Bayu, sejak melihat berita tentang bencana banjir yang melanda Bogor, PDI Perjuangan langsung membuat rencana membantu masyarakat.

“Saya sudah membuat instruksi agar keluarga besar PDI Perjuangan menyisihkan sedikit rezekinya untuk dikumpulkan di secretariat. Kami kira yang paling dibutuhkan masyarakat adalah kebutuhan logistik, maka kita pun menyiapkannya. Kemudian kita  juga mendirikan posko banjir agar nanti kader PDI Perjuangan yang menjadi relawan bagi masyarakat terdampak banjir lebih mudah menjalankan tugasnya,” ujar Bayu.

Selain itu, PDI Perjuangan Kabupaten Bogor juga menyalurkan bantuan pakaian, makanan, minuman bahkan tenaga kesehatan berikut obat-obatan untuk para pengungsi.

“Semua kebutuhan masyarakat akan coba kita penuhi. Nanti kader PDI Perjuangan yang jadi relawan akan menyalurkan bantuan ini,” pungkas Bayu.

Di tempat sama, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor H. Bambang Gunawan menyebutkan, selain masyarakat umum, beberapa ketua, pengurus pimpinan anak cabang (PAC) dan ranting PDI Perjuangan juga terdampak bencana banjir.

“Kita ketahui bahwa beberapa titik wilayah Kabupaten Bogor menjadi langganan banjir, maka sebenarnya kami juga sudah menyiapkan langkah jika Bogor terjadi banjir. Di sini (Kabupaten Bogor, red) ada keluarga besar PDI Perjuangan juga yang terdampak banjir, kami mendoakan semoga banjir segera surut. Jangan khawatir, PDI Perjuangan akan selalu membantu masyarakat,” ujar H. Bambang.

Lebih jauh, Bambang mengatakan, pakaian layak pakai dan makanan seperti mie instan yang dikirim yakni untuk membantu meringankan beban korban banjir.

“Bantuan ini kita dapat dari kader-kader PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, namun bukan hanya untuk kader PDI Perjuangan yang terkena musibah, bantuan ini untuk umum. Kita berharap seluruh pengurus dan kader PDI Perjuangan lainnya dapat membantu saudara kita yang tengah dirundung musibah,” pungkas dia. (pur)