Pelestari Amanah Gotong Royong Bung Karno Ala YKIJ

0
251

JAKARTA,– “Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia. Tapi Indonesia buat Indonesia. Semua buat semua!” demikian Denny Darjaman Kustia, Ketua Harian YKIJ saat berbincang di seluler, Jumat (3/1/2020).

“Jikalau saya peras yang lima menjadi tiga, dan yang tiga menjadi satu, maka dapatlah saya satu perkataan Indonesia yang tulen, yaitu perkataan gotong-royong. Negara Indonesia yang harus kita dirikan haruslah mendapat negara gotong royong. Alangkah hebatnya negara gotong royong. Dan Gotong Royong adalah faham yang dinamis, lebih dinamis dari kekeluargaan. Ini adalah kutipan dari Pidato Presiden Sukarno tanggal 1 Juni 1945, dimana menggambarkan sekaligus amanah beliau agar semangat gotong-royong (unity) Itu tetap terpelihara dan dilestarikan,” tuturnya.

“Demikianlah semangat itu pun ditangkap oleh kami, Yayasan Kerja Indonesia Jaya (YKIJ). Apalagi kegotong-royongan itu pun diajarkan dalam semua agama. Apapun bentuk kegotong-royongan itu , oleh siapa dilakukan dan untuk siapa diberikan sudah tidak penting lagi. Namun saat ada orang yang sedang kena musibah, selayaknya kita hadir disana, meringankan beban,” ujarnya.

Pada kesempatan lain, Rajuli atau yang akrab disapa Raju, Wakil Sekum YKIJ mengatakan bahwa YKIJ kalau pun usianya masih muda, namun fokus bergerak di bidang kemanusian dosial, ekonomi, pendidikan dan seni serta budaya.

“YKIJ lahir atas kepedulian dan niat tulus dari semua kalangan masyarakat Indonesia yang berorientasi dalam meningkatkan mutu persatuan dan kesatuan melalui program-program kreativitas, yang bertujuan melengkapi program kerja pemerintah di tengah masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Sementara Iin Iryani, Ketua 2 Kesra & sosial YKIJ, mengatakan, YKIJ dalam musibah Banjir Jabotabek 2020 ini bergerak cepat memberikan bantuan kepada korban banjir Jabodetabek di beberapa titik.

“Oh ya, kami YKIJ berkalaborasi dengan Yayasan Cinta Kasih 321. Alhamdulilah telah menyalurkan bantuan makanan saji, mie instan, susu, pampers, pakaian layak pakai, air mineral di 2 titik terdampak banjir, yaitu di Nanggewer dan Cibuluh, Bogor. Pada kesempatan ini pula kami mengucapkan terima kasih buat para donatur, diantaranya Gunther Gemparalam dan Daryanto, serta semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Terima kasih dan kita akan terus bersama, bergotong-royong,” urainya.

“YKIJ akan terus melakukan yang terbaik, sekuat tenaga, semampu kami. Apalagi negara ini dikenal sebagai Negara The Ring Of Fire,  dan kami akan melakukan yang terbaik, maka melalui media ini kami membuka kesempatan kepada siapapun untuk memberikan donasi, baik donasi perorangan, lembaga, korporasi, dan lainnya untuk mendukung kami baik ketersediaan obat-obatan, makanan, minuman, selimut, pempres bayi dan orang tua, pakaian layak, dan sebagainya. Inshaa Allah,” tutur Iin kepada patrolicyber.com.

Terakhir ia menyampaikan, bentuk bantuan dapat dikirim ke Sekretariat YKIJ, Jln. Timo No 5 RT 11/ RW 1, Duren Tiga Jakarta Selatan, (021) 79199558. Atau donasi dapat kirim ke BCA. No.7660247763 atas nama Iin Iryani. (RL)