Dukung Penghijauan, Forkopimda Sumedang Tanam 5000 Pohon

0
173

SUMEDANG,– Sebagai bentuk mendukung gerakan penghijauan (go green), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumedang, beserta masyarakat menanam 2000 bibit pohon, Sabtu (4/1/2020).

Penanaman pohon dilakukan di Dusun Cibala, Desa Sarimekar, Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir, Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh  Novianto Hermansyah, Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksamana, dan pejabat lainnya.

Selain itu, dilakukan juga pemberian sembako kepada para lanjut usia (lansia) dan diakhiri dengan gowes (bersepeda) bersama unsur forkopimda.

“Penanaman pohon tersebut dilakukan di sepanjang jalan Lingkar Timur Jatigede di wilayah Kecamatan Jatinunggal, atau dari Desa Sarimekar sampai dengan perbatasan Desa Mekarasih,” jelas Kapolres Sumedang AKBP Dwi.

Usai penanaman pohon secara simbolis, tuturnya, acara dilanjutkan dengan pemberian sembako secara simbolis kepada enam orang lansia, berupa 5 kg beras dan 1 kg telur puyuh.

“Adapun jenis pohon yang ditanam ialah, pohon istana, golodog tiang, ketapang mini, trambesi, kencana, tanjung, mahoni dan pucuk merah,” jelasnya.

Sementara acara gowes mengambil start dari Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal serta finish Desa Mekarasih.

“Penanaman pohon ini sebagai bentuk  mendukung program pemerintah dalam rangka penghijauan tanah atau lahan yang tandus untuk menjaga kelangsungan sumber daya alam. Selanjutnya rombongan menuju Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede. Untuk penanaman 3000 pohon, jumlah keseluruhan pohon sebanyak 5000 untuk Kec Jatinunggal 2000 dan Kecamatan Jatigede 3000 Pohon,” pungkasnya.  [Abas]