Hari Sejuta Pohon Sedunia, 5.000 Bibit Ditanam di Jatigede

0
117
Foto bersama usai secara simbolis melakukan penanaman bibit pohon di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG,– Jajaran Polres Sumedang bersama pemerintah daerah unsur TNI, dan komunitas masyarakat peduli lingkungan melaksanakan penanaman pohon secara masal di sekitar Bendungan Jatigede, sebagai puncak acara Polri Peduli Penghijauan, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon se-Dunia, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan diawali dengan apel kesiapan penanaman pohon yang dipimpin langsung Bupati Sumedang H. Ahmad Munir, di Dusun Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja.

Sebanyak 5.000 bibit pohon kayu dan buah ditanam di Pasir Calung Jatigede. Secara simbolis ditandai dengan penanaman pohon mangga oleh Dony Ahmad Munir serta diikuti Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, para kepala OPD dan camat.

Gerakan penanaman pohon yang digagas oleh Polri tersebut bertujuan untuk menghijaukan kembali kawasan Jatigede serta mencegah deforestasi hutan dan lahan sekaligus bagian dari upaya mitigasi bencana dan konservasi lahan dan air.

“Alasan dipilihnya Jatigede sebagai tempat kegiatan penanaman pohon karena Jatigede merupakan salah satu lokasi yang menjadi ikon Kabupaten Sumedang yang perlu dihijaukan dan dirindangkan agar lingkungan di sekitar Jatigede tidak terlalu panas,” jelas Dony.

“Kita berada tepat di tengah-tengah pulau. Selain sebagai bagian upaya penghijauan, juga akan menambah keindahan alam di sekitar Jatigede,” tutur dia.

Melalui penanaman pohon, Bupati Sumedan ini berharap dapat memberikan motivasi dalam membangun kesadaran masyarakat agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup sehingga merasa ikut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan memeliharanya.

“Saya mengajak masyarakat dan semuanya untuk menanam pohon mumpung saat ini memasuki musim hujan. Mari kita lestarikan lingkungan untuk masa depan kita dan anak cucu kita. Ini pesan moral yang diawali dengan menyentuh kesadaran masyarakat untuk menggerakan hatinya, dan selanjutnya menjadi bagian gerakan menanam pohon di Kabupaten Sumedang ini,” papar Dony.

Secara khusus, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran  Polri, TNI dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi untuk turut serta dalam penanaman sejuta pohon.

“Ini adalah wujud kebersamaan masyarakat dari berbagai elemen untuk bersama menanam pohon di Kawasan Jatigede,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, aksi penanaman pohon tersebut tidak hanya dilaksanakan di kawasan Jatigede, tetapi juga dilaksanakan di tiap kecamatan, didukung oleh lapisan masyarakat setempat.

“Sebelumnya, dilaksanakan di beberapa kecamatan, terakhir Cimalaka. Kami ingin gerakan ini masif. Leading sector kami ada di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Untuk masalah benih, stoknya sudah disiapkan sangat banyak. Ada 1 juta pohon lebih. Masyarakat yang membutuhkan silahkan bisa hubungi (DLHK),” pungkasnya. [Abas]