Ini Hasil Satgas Subsektor 17 Cek IPAL PT Seng Do

0
166

BANDUNG – Satgas Citarum Harum Subsektor 17 Solokanjeruk dibawah Komando Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat telah melaksanakan patroli pabrik/sidak ke PT. Seng Do Textile di kawasan Kaha Grup Jl. Raya Rancaekek-Majalaya Kec. Solokanjeruk Kab. Bandung, Kamis (9/1/20).

Dari pengecekan air limbah yang dihasilkan pabrik PT Seng Do, Satgas mendapatkan air limbah berwarna bening dan ikan Koi hidup di outlet akhir.

”Hari ini kegiatan Satgas selain aktivitas rutin membersihkan bantaran sungai, kami pun patroli ke perusahaan tekstil yang berada di wilayah Subsektor 17. Salah satunya PT Seng Do ini. Hasilnya sudah bagus dengan pengolahan air sistim recycle”, ujar Satgas Serma Agus Sumarna.

Dikatakannya, perusahaan ini sebelumnya pernah dua kali ditindak oleh satgas Citarum Harum pada bulan Oktober dan November 2018. Satu kali di bulan Juli 2019 dipimpin langsung Pasi Min Ops Sektor 21 Letda Inf Saniyo didampingi petugas Polda Jabar dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung.

Waktu itu, menurut Letda Saniyo, penutupan (cor) saluran limbah dilakukan karena
pabrik tekstil tersebut tidak memiliki IPAL dan selama ini limbah yang dihasilkan pabrik dikeluarkan langsung ke saluran air yang nantinya masuk ke Sungai Citarik bermuara ke Sungai Citarum.

perusahaan itu telah mengotori lingkungan karena pabrik tekstil tersebut tidak memiliki IPAL dan selama ini limbah yang dihasilkan pabrik dikeluarkan langsung ke saluran air yang nantinya masuk ke Sungai Citarik bermuara ke Sungai Citarum.*

Elly Susanto