SK Pensiun Lebih Lancar Manual, Ketimbang Online?

0
124

KAB. BANDUNG, — Mengurus SK (Surat Keterangan) Pensiun melalui system online di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat yang digadang-gadang lebih cepat dan lancer, terbukti tidak semuanya benar. Yakni SK pension molor 6 bulan hingga 1 tahun, tak pelak dikeluhkan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil Negara (ASN) yang hendak pension.

Sumber mengatakan, “Ngurus SK Pensiun melalui online dari sekolah/guru lalu koorwil kecamatan dan dikirim ke Disdik Kab. Bandung, jika berkas lengkap oleh disdik dikirim ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Selanjutnya BKPSDM mengirim ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) wilayah 3 Provinsi Jawa Barat yang mengeluarkan pedoman pemberian pertimbangan teknis (Pertek) dan pertek diberikan kepada BKPSDM Kab. Bandung yang nantinya mencetak SK pension, lalu ditandatangani Bupati Bandung (Dadang M. Naser, red) itu memakan waktu 5 hingga 6 bulan bahkan ada juga 1 tahun, baru SK keluar,” beber sumber.

Mantan Kasubag TU Koorwil menghimbau, “Kepada PNS yang hendak pension harus mempersiapkan berkas lengkap setahun sebelumnya dan pula berkas itu ada yang dikirim ke BKN pusat sesuai pangkat yang bersangkutan,” imbuhnya, Jumat (10/01/2020). *Asy