Kades Cikahuripan Realisasikan DD Bangun TPT

0
136

SUMEDANG,-Pengalokasian Dana Desa (DD) tahap pertama 2019, yang digulirkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, dapat meningkatkan pemerataan pembangunan, kesejahteraan Desa melalui peningkatan pelayanan Publik Desa, memajukan perekonomian Desa, serta mengatasi kesenjangan pembangunan antar Desa, sekaligus mengentaskan kemiskinan serta menekan angka pengangguran.

Melalui dana desa (DD) 2019, Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung Kabupaten sumedang mulai berbenah dengan memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan infrastruktur desa. Dana desa tahun 2019 pun digelontorkan untuk meningkatkan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di Dusun Cikadaton.

Kades Cikahuripan, Abah Uun Didampingi Babinsa Cikahuripan Serda Achmad, Kasie Kesejahteraan Agus N Sudrajat, beserta Kaur Perencanaan Maman S mengatakan, dengan dibangunnya sarana penunjang tersebut tentu akan membantu kenyamanan masyarakat dan melancarkan akses perekonomian.

“Dengan adanya dana desa ini, desa kami sangat terbantu untuk meningkatkan infrastruktur yang lebih baik, rencananya april mendatang akses jalan cikadaton akan dilakukan pengaspalan ” kata Uun kepada Patroli

Dikatakannya melalui dana desa tahun 2019, saat ini pihaknya akan membangun TPT sepanjang 158 Meter untuk 2 Dusun di Desa Cikahuripan. yang pertama di dusun satu dengan panjang TPT yang sudah dibangun 98 meter dusun kedua , panjang TPT yang sedang dibangun ada 190 Meter dengan ketinggian rata-rata 1 meter,” bebernya.

“Pembangunan TPT ini nantinya terbangunnya akses jalan menuju dusun Cikadaton, yang selama ini belum bisa di lalui kendaraan roda 4, padahal akses jalan ini dapat menghubungkan antara dusun Cikadaton dengan dusun Sindangnangoh” jelas Uun.

Sementara untuk lokasi tepat area pesawahan, tambah dia, tepat di turunan ‘Bi Asih’ dusun Cikadaton, rencana kedepan akan di alihkan dengam melakukan pelebaran jalan, menngunakan anggaran pribadi atau bukan bersumber dari anggaran Desa.

“Ingsyaalloh kalau ada rejeki kami akan membeli sebagian lahan pesawahan tersebut, mengingat tektur jalan pinggir kali Cikadaton sehingga rawan longsor” tandasnya.

“Dengan terbangunnya TPT ini, maka akses jalan akan kelihatan hidup, setidaknya dapat mengurngi beban masyarakat warga cikadaton khusunya, ketika ingin menujal hasi tani, atau membeli material bangunan, bisa langsung di antar ke tempat, tanfa mengluarkan biayaya buruh pikul” tutur Deni salaseorang warga dusun Cikadato kepada Patroli.

Menurutnya, kami berharap pembangunan TPT di Dusun Cikadaton yang bersumber dari anggara dana desa terserap dengan baik pembangunan yang tidak asal-asalan, sehingga manfaatnya akan terus dirasakan warga, karena anggaran tersebut di salurkan untuk kesejahteraan warga Desa Cikahuripan
Yadi.