Sektor 21 Bareng Pegiat Lingkungan Tanam Bibit Pohon di Bukit Gunung Anday

0
188

BANDUNG – Satgas Citarum Harum Sektor 21 bersama komunitas pegiat lingkungan dan pencinta alam, Sabtu kemarin (18/1-2020) menanam bibit pohon penghijauan di bukit Gunung Anday Sakti sekitar Situs Bumi Alit Kabuyutan Desa Lebakwangi Kec. Arjasari Kab. Bandung.

Ais Pangampih Sasaka Waruga, Itang Wismana Erawan (61) menjelaskan, penghijauan yang dilakukan komunitas ini untuk menghijaukan kembali lahan yang terbakar pada musim kemarau tahun lalu hingga lenyapnya pepohonan tanaman keras di wilayah ini.

Menurut Itang, kali ini penghijauan dilakukan di lahan seluas 1,5 Ha sampai ke puncak bukit Gunung Andaya Sakti dari target penghijauan seluruhnya di kawasan situs 4 Ha dan lahan luar seluruhnya seluas sekitar 8-10 Ha.
Itang menjelaskan, jumlah dan jenis pohon yang dibutuhkan 500-1.600 batang pohon tanaman keras. Jumlah ini selain sumbangan komunitas juga mereka yang membawa sendiri-sendiri.

Itang juga berharap pemerintah dapat membeli lahan di sini agar bisa terpelihara dan diserahkan untuk situs ketimbang jadi kawasan permukiman yang bisa merusak lingkungan alam.
Sebab, katanya, Citarum memiliki banyak anak sungai yang akhirnya bermuara ke Citarum dan warga Bumi Alit Kabuyutan juga memiliki kewajiban menjaga dan memelihara lingkungan anak-anak sungai Citarum.

Sedangkan, Dansektor 21 yang diwakili Pasiops Sektor 21 Letda Inf. Saniyo mengemukakan, pihaknya mengapresiasi penanaman pohon penghijauan ini oleh kominitas Sasaka Waruga Pusaka, Hipadri, Pandawa dan Sunda Ngahiji bersama warga Desa Lebakwangi.

Ini, katanya, merupakan wujud nyara kepedulian warga dan komunitas pencinta alam terhadap lingkungan sekitar.

“Kami Satgas Sektor 21 Citarum Harum selalu mendukung kegiatan wargs sebab salah satu permasalahan di DAS Citarum ini adalah lahan kritis dan jika tidak dihijaukan bisa menimbulkan bencana seperti erosi dan longsor,” tegas Letda Inf. Saniyo.*

Elly