Sektor 21 Sosialisasi Zero Waste Di SDN Cipageran Mandiri 1

0
213

CIMAHI – Satgas Citarum Harum Sektor 21 bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menggelar sosialisasi program Zero Waste di SD Cipageran Mandiri 1, Senin pagi (20/1).

Zero Waste merupakan gaya hidup dengan meminimalkan produk atau barang yang menimbulkan sampah plastik. Di SD Cipageran Mandiri 1, hal tersebut diwujudkan dengan cara siswa diwajibkan membawa tempat minum dan tempat makan dari rumah.

Selain sosialisasi Zero Waste, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat juga memperkenalkan Program Citarum Harum, agar sejak dini anak-anak dibiasakan mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kegiatan ini menyasar kepada masyarakat potensial dalam hal ini anak-anak yang memang harus banyak diberikan pencerahan tentang kebersihan, karena anak-anak merupakan generasi yang akan menikmatinya kelak,” kata Yusep.

Yusep menjelaskan sampah plastik perlu penanganan khusus, caranya dengan mengurangi sampah plastik mulai dari rumah dan sekolah.

“Siswa diwajibkan membawa tempat minum dan tempat makan, kalau anak-anak jajan keluar, tempatnya menggunakan tempat makan yang dibawa dari rumah untuk mengurangi sampah plastik,” ungkap Yusep.

Sosialisasi di SD Cipageran Mandiri 1 ini merupakan percontohan yang selanjutnya akan dilaksanakan di SD, SMP dan SMA di Kota Cimahi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, M. Ronny mengapresiasi siswa SD Cipageran Mandiri 1 yang hampir seluruh siswanya membawa tempat minum dan makan dari rumah.

“Selain mengurangi sampah plastik, program Zero Waste juga akan membuat kebersihan di sekolah semakin terjaga,” ujar M. Ronny.

M. Ronny berharap kerjasamanya dengan Satgas Citarum Harum Sektor 21 bisa terus berlanjut dan seluruh sekolah ikut terlibat dalam kegiatan Zero Waste.

Tri Sayekti Kepala Sekolah SD Cipageran Mandiri 1 mengatakan program membawa tempat minum dan makan dari rumah sudah digulirkan sejak tahun 2014, namun sulitnya membentuk kebiasaan tersebut membuat programnya tidak berkelanjutan.

“Semoga dengan kedatangan Dansektor 21 dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi anak-anak menjadi termotivasi lagi dan lebih semangat lagi untuk mensukseskan program Citatum Harum dan Program Zero Waste,” ungkap Tri Sayekti.

Elly